Sosok Ayah Tiri yang Ajak Obama ke Indonesia Pertama Kali

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jumat, 23 Jun 2017 15:04 WIB
Barack Obama Saat Menyampaikan Pidato Perpisahan sebagai Presiden AS. Foto: REUTERS/Jonathan Ernst
Jakarta - Indonesia dibayangkan sebagai pulau rempah-rempah saat Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama masih berusia sekitar 6 tahun. Kala itu dia masih tinggal di Hawaii, AS, sebelum akhirnya diajak ayah tirinya ke Indonesia.

Ibu Obama, Ann Dunham, menikah untuk kedua kalinya dengan Lolo Soetoro yang berkebangsaan Indonesia. Ada pun ayah kandung Obama bernama sama dengan dirinya, Barack Husein Obama.

"Dia telah meninggalkan Hawaii pada 1963, saat aku berusia 2 tahun. Jadi, sebagai seorang anak, aku hanya dapat mengenal dirinya melalui cerita yang disampaikan oleh ibuku dan kakek-nenekku," kata Obama dalam buku yang ditulisnya, 'Dreams from My Father', seperti dikutip detikcom, Jumat (23/6/2017).

Ayah dan ibu Obama bercerai pada tahun 1963. Hingga akhirnya ibu Obama dilamar oleh Lolo Soetoro.

"Kami tinggal di Indonesia selama tiga tahun waktu itu, sebagai hasil dari pernikahan ibuku dengan seorang berkebangsaan Indonesia bernama Lolo, mahasiswa lain yang di Universitas Hawaii. Nama lelaki itu berarti 'gila' dalam bahasa Hawaii, yang membuat Kakek selalu tertawa geli. Namun, arti nama tersebut tidak sesuai untuk lelaki itu," tutur Obama.

Dikutip dari berbagai sumber, nama lengkap ayah tirinya adalah Lolo Soetoro Mangunhardjo yang lahir pada tahun 1935 di Bandung. Lolo menempuh studi sarjana di Jurusan Geografi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, dan lulus pada tahun 1962.
Sosok Ayah Tiri yang Ajak Obama ke Indonesia Pertama KaliFoto: Ayah tiri Obama, Lolo Soetoro (Wikimedia Commons)

Dia kemudian bekerja sebagai pegawai sipil di TNI hingga kemudian mendapat beasiswa ke Universitas Hawaii. Dia lulus pada tahun 1964.

Obama juga bercerita tentang ciri-ciri ayah tirinya dalam buku yang dia tulis. Dia menggambarkan sosok yang dicintai ibunya itu sebagai pria yang tampan.
Selanjutnya
Halaman
1 2