Obama Ingin Ajak Keluarga ke Indonesia karena Azan dan Gamelan

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jumat, 23 Jun 2017 09:55 WIB
Obama saat berkunjung ke Istiqlal tahun 2010. Foto: Dok. Humas Masjid Istiqlal
Jakarta - Setiap orang butuh berlibur bersama keluarga setelah tugas selesai. Tak terkecuali bagi orang yang pernah menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Obama dijadwalkan tiba di Bali hari ini. Rupanya angan-angan untuk berlibur ke Indonesia sudah lama didambakan pria yang pernah sekolah di SD Menteng 1, Jakarta itu.

Rencana itu dia tuliskan dalam buku 'The Audacity of Hope' tahun 2007. Buku itu ditulis sebelum Obama menjadi Presiden AS.

"Ketika saya pikir pulau itu, dan semua pulau Indonesia, saya dihantui oleh kenangan--rasanya berjalan di lumpur dengan kaki telanjang saat menelusuri sawah; pemandangan pergantian hari dari balik pegunungan vulkanik; suara azan di malam hari dan aroma kayu bakar; tawar-menawar di stand buah sepanjang jalan; suara hiruk pikuk orkestra gamelan yang wajahnya sedikit disinari api. Saya ingin mengajak Michelle dan anak-anak untuk berbagi bagian dari hidupku, untuk menjelajahi reruntuhan candi ratusan tahun di Prambanan atau berenang di sungai tinggi di perbukitan Bali," tulis Obama seperti dikutip detikcom, Jumat (23/6/2017).

Namun saat dia menulis buku tersebut, agaknya rencana berlibur bersama keluarga harus ditunda. Hari-harinya saat itu dipenuhi oleh kesibukan bertubi-tubi.

Obama pernah menghabiskan masa kecil di Indonesia pada tahun 1967-1971. Setelah itu dia dikirim ibunya ke Hawaii.

Obama lalu beberapa kali kembali ke Indonesia. Dia pun sedih ketika mendengar ada bom di Bali pada tahun 2002.

"Ledakan yang sama juga terjadi di Jakarta pada 2004 dan Bali pada 2005," kata Obama.

Dia khawatir manakala Bali akan berubah setelah peristiwa bom itu. Dia khawatir tak akan bisa merasakan kenangan yang sama di Bali.

"Tempat mereka mengebom hanya beberapa mil dari tempat saya pernah menginap terakhir kalinya di Bali," kenangnya.

Bali adalah tempat yang spesial bagi Obama. Dia bahkan menuliskan bagaimana perkembangan Bali sejak dia masih kecil hingga awal '90an.

Akhirnya angan-angan Obama mengajak keluarganya ke Bali dan Yogyakarta akan terwujud. Obama dan rombongan akan mendarat di Bali nanti sore.

Obama rencananya berada di Bali hingga 28 Juni 2017. Setelah itu dia bertolak ke Yogyakarta dan di sana hingga 30 Juni 2017.

Akankah Obama bisa mengajak keluarganya mendengarkan gamelan dan menjelajahi Prambanan? (bag/erd)