DetikNews
Kamis 22 Juni 2017, 16:01 WIB

Berangkatkan Mudik Gratis, KSAL ke Prajurit: Kembali Tepat Waktu

- detikNews
Berangkatkan Mudik Gratis, KSAL ke Prajurit: Kembali Tepat Waktu KSAL melepas prajurit TNI AL mudik gratis. (Fitang Budhi Adhitia/detikcom)
Jakarta - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi memberangkatkan 3.228 prajurit mudik gratis. Ade mengingatkan agar para prajurit itu kembali bekerja tepat waktu dan tidak menambah tambahan libur atau cuti.

Pemberangkatan mudik gratis digelar di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (22/6/2017). Ada 64 bus yang mengangkut 3.228 prajurit TNI AL ke kampung halamannya.

Secara simbolis, KSAL mengangkat bendera sebagai tanda start pemberangkatan mudik gratis. Sejumlah jajaran pejabat di TNI AL ikut mendampingi.

Berangkatkan Mudik Gratis, KSAL ke Prajurit: Kembali Tepat WaktuKSAL melepas prajurit TNI AL mudik gratis. (Fitang Budhi Adhitia/detikcom)

"Untuk pemberangkatan mudik, semua gratis. Dan tentu saja saya ingin gratis pulang-pergi," ungkap Ade dalam sambutannya.

Menurut Ade, ada dua gelombang pemberangkatan mudik gratis di lingkungan Mabes TNI AL dan Komando Utama (Kotama) se-Jakarta. Dua gelombang dilakukan mengingat masih adanya prajurit yang bertugas, termasuk perlu diaturnya jadwal penjagaan.

"Ada dua gelombang mengingat ada rekan kita yang operasi. Sistem penjagaan kita berbeda, sehingga cuti dua gelombang," tuturnya.

Ade pun mengingatkan prajuritnya yang ikut program mudik gratis untuk menjaga keselamatan di perjalanan. KSAL juga meminta agar prajurit TNI tetap menjaga kewibawaannya meski dalam situasi liburan.

"Berangkat selamat, kembali dinas selamat. Manfaatkan mudik dengan baik, bertemu saudara di kampung. Jangan sampai lupa kalau tentara. Pulang kampung harus kelihatan tentaranya, jangan sampai loyo," imbau Ade.

Dibanding tahun lalu, ada peningkatan peminat mudik gratis TNI AL tahun ini. Ada pun rute mudik gratis jajaran TNI AL tersebut seperti ke Surabaya, Kediri, Yogyakarta, dan Solo. Armada yang digunakan dalam mudik gratis TNI AL hanya dengan bus. TNI AL mengerahkan kapal perang atau KRI, namun itu diperbantukan untuk acara mudik gratis Kemenhub.

Berangkatkan Mudik Gratis, KSAL ke Prajurit: Kembali Tepat WaktuKSAL melepas prajurit TNI AL mudik gratis. (Fitang Budhi Adhitia/detikcom)

"Dibanding tahun lalu, peningkatannya 400 persen. Sekarang 64 bus dan jumlah 3.228. Kalau di sini naik bus semua. KRI kita perbantukan untuk mem-backup Kementerian Perhubungan," sebut dia.

Ade lantas mengingatkan agar para prajurit dan PNS di lingkungan TNI AL mematuhi peraturan cuti bersama yang telah ditentukan. Dia meminta supaya para prajurit TNI AL yang pulang kampung tidak 'membolos' atau menambah cuti usai libur Lebaran. Apalagi pemerintah sudah menambah satu hari lagi cuti.

"Diharapkan dengan cuti bersama pada 23-30 Juni, mereka tentunya akan tepat waktu kembali ke kantor, tanggal 3 Juli harus sudah apel semua," tegas Ade.

Apabila ada prajurit TNI AL yang membandel, dia berjanji akan memberikan sanksi. Ade pun berharap agar usai libur Lebaran nanti, para prajurit bertambah semangat dalam bertugas.

"Tetap ada hukuman prajurit kalau melanggar disiplin. Sekali lagi saya ucapkan selamat mudik, salamkan saya untuk keluarga," pungkasnya.
(Fitang Budhi Adhitia/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed