DetikNews
Kamis 22 Juni 2017, 14:53 WIB

Resmikan JSC Hive Coworking Space, Djarot: Ini Ide Menggebu Ahok

Nathania Riris Michico - detikNews
Resmikan JSC Hive Coworking Space, Djarot: Ini Ide Menggebu Ahok Djarot resmikan JSC Hive Coworking Space / Foto: Nathania Riris Michicco/detikcom
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta meluncurkan Jakarta Smart City (JSC) Hive, yaitu coworking space pertama di Indonesia yang menghubungkan para startup dengan pemerintah daerah untuk menyederhanakan proses bisnis bagi para pemula. JSC Hive ini akan menyediakan ruang kerja layak dan modern dengan harga terjangkau bagi para pekerja digital.

Saat meresmikan JSC Hive, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat yang didampingi Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi menyebut bahwa ide kolaborasi Jakarta Smart City dengan EV Hive coworking space ini awalnya dicetuskan oleh mantan gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Djarot resmikan JSC Hive Coworking Space / Djarot resmikan JSC Hive Coworking Space / Foto: Nathania Riris Michicco/detikcom


Lokasi JSC Hive ini pun sebelumnya merupakan lahan yang terbengkalai sehingga dimanfaatkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Ini ide menggebu-gebu dari Pak Ahok. Beliau berpikir bagaimana mengumpulkan anak-anak muda, kasih tempat yang bagus, didesain yang bagus dan dalam waktu segera, tidak sampai satu tahun, tempat ini yang dulu disebut sarang nyamuk sama Pak Wali ini berubah sama sekali. Ini hasil kreasi anak muda kita yang luar biasa," kata Djarot di lokasi acara Jalan Prof. Dr. Satrio, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (22/6/2017).

Co-working space ini disediakan sebagai tempat berkumpul para pelaku kreatif, khususnya untuk pengembangan startup digital yang dijalin antara Pemprov DKI bersama EV Hive. Djarot mengaku sering mendiskusikan soal penyediaan tempat diskusi kreatif bagi kaum muda di Jakarta ini bersama Ahok.

"Beberapa kali diskusi dengan Pak Ahok, ke depan yang kita gunakan di Jakarta itu industri kreatif. Industri akan minggir yang dibutuhkan indutri kreatif," ujar Djarot.

"Maka siapa pun yang punya ide-ide bagus bisa berdiskusi di sini dan bangun satu perusahaan sendiri dengan waktu tidak begitu lama," jelasnya.

Djarot resmikan JSC Hive Coworking Space / Djarot resmikan JSC Hive Coworking Space / Foto: Nathania Riris Michicco/detikcom


Djarot pun mengingatkan agar para kaum muda di Jakarta tidak pantang menyerah dalam dunia industri kreatif. Kaum muda harus memiliki mental baja agar bisa bertahan di industri saat ini.

"Yang harus dipersiapkan adalah mental, tidak ada satu yang berhasil tanpa kerja keras. Mungkin kita pernah jatuh tapi harus bangkit lagi, jatuh bangkit lagi, kami harus fasilitasi supaya anak muda kita tahan banting menghadapi persaingan global," lanjutnya.

Dia juga memastikan Jakarta akan mewadahi kebutuhan anak muda di industri kreatif, yaitu dengan meluncurkan Jakarta Smart City, JSC Hive serta Jakarta Creative Hub yang telah lebih dulu diresmikan. Kedua hal yang berkaitan dengan ide-ide kreatif ini, tambah Djarot, adalah impian Ahok.

"Jakarta bisa memberikan banyak peluang bagi mereka yang kreatif dan tidak berjiwa cetek. Mereka yang kreatif inilah yang diinginkan Ahok digabung di suatu tempat bernama Jakarta Smart City yang dulu jadi sarang nyamuk jadi di sini ini cita-citanya," tambah Djarot.

"Seperti Jakarta Creative Hub begitu banyak yang bisa kami ciptakan dari tempat seperti ini. Bagaimana kami bisa bikin kantor yang smart energinya juga smart tempatnya, ini perlu bagi Jakarta," tambahnya.

Setelah memberi sambutan, Djarot berkeliling dan melihat ruang-ruang kerja yang disiapkan. Kebanyakan coworking space ini berdesain interior modern minimalis dengan banyak fasilitas seperti wifi, printing area, rooftop, dan lainnya.
(nth/aan)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed