BNN Jakarta Utara Gagalkan Penyelundupan Sabu Melalui Jasa Ekspedisi

- detikNews
Rabu, 21 Jun 2017 13:54 WIB
Foto: BNN Jakarta Utara menggelas jumpa pers terkait penyelundupan narkoba. (Dwi Andayani-detikcom)
Jakarta - Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara menggagalkan penyelundupan 2 paket sabu seberat 200 gram via jalur laut. Barang haram tersebut diselundupkan dengan cara dimasukkan ke dalam paket sprei.

Dua tersangka, AJ (46) dan B (39), ditangkap saat sedang mengambil paket berisi shabu di Jasa Expedisi daerah Pademangan Jakarta Utara, Selasa (6/6). Shabu tersebut diselundupkan dari Kalimantan ke Jakarta melalui jasa ekspedisi via jalur laut.

"Modus menyelundupkan narkotika dengan menggunakan jasa expedisi jalur laut," ujar Kepala BNN Jakarta Utara di kantornya, Gedung Mitra Praja, Lantai IV, Jalan Sunter Permai Raya, Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara, Rabu (21/6/2017).

BNN Jakarta Utara menggelas jumpa pers terkait penyelundupan narkoba.BNN Jakarta Utara menggelas jumpa pers terkait penyelundupan narkoba. Foto: Dwi Andayani-detikcom


Untuk mengelabui petugas, pelaku memasukkan sabu ke dalam lipatan sprei yang dipaketkan, sabu itu dilapisi tisu dan alumunium voil. Setelah dilapisi, sabu tersebut diletakkan di bagian tengah lipatan sprei.

Berdasarkan hasil pengembangan, lanjut Yunita, jaringan sabu ini berasal dari Tiongkok dan Malaysia. Para tersangka yang ditangkap berperan sebagai kurir.

Paket tersebut rencananya akan diedarkan di Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Barang bukti yang diamankam didiperkirakan senilai 300 juta.

"Tersangka terancam Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) atau pasal 112 ayat (2) UU RI nomor 35 Tahun 2009, dengan ancaman hukuman maksimal pidana mati," ujar Yunita.

(Dwi Andayani/idh)