DetikNews
Selasa 20 Juni 2017, 08:10 WIB

DetikX

Mimpi Disney Bung Karno di Pantai Ancol

Melisa Mailoa - detikNews
Mimpi Disney Bung Karno di Pantai Ancol Ilustrator: Edi Wahyono
Jakarta - Upacara serah-terima jabatan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Raya dari Soemarno Sosroatmodjo ke Henk Ngantung di ruang sidang Balai Kota Jakarta pada September 1964 berakhir tak lazim. Serombongan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Gotong Royong DKI Jakarta mendekati Soemarno, yang sebelumnya baru ditunjuk menjadi Menteri Dalam Negeri.

Mereka lantas memberikan segumpal tanah kepada dokter yang juga jenderal bintang dua itu. "Supaya Bapak dalam jabatan yang baru selalu ingat akan Kota Jakarta," ujar salah seorang dari mereka seperti yang diberitakan harian Warta Bhakti pada 7 September 1964. Kenang-kenangan itu bukan tanah biasa. Tapi tanah dari proyek Ancol sebagai tempat wisata yang sedang dalam proses pengerjaan. Soemarno memang punya andil dalam memulai proyek taman rekreasi seluas 552 hektare itu.

Jauh sebelum pemerintah daerah Jakarta menggarap Ancol, menurut Direktur Rekreasi PT Pembangunan Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali, pantai di Teluk Jakarta itu sudah dilirik Gubernur Jenderal Hindia Belanda Adriaan Valckenier pada awal abad ke-17 untuk dijadikan tujuan wisata. Namun akhirnya Ancol dilupakan karena wabah malaria melanda kawasan tersebut. "Inisiatif akhirnya datang dari Presiden Sukarno pada awal 1960-an," ujar Sahir kepada detikX, pekan lalu.

Berita selengkapnya dapat Anda baca di sini:
(sap/irw)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed