DetikNews
Selasa 20 Juni 2017, 01:13 WIB

Pilgub Jatim

Kiai di Bangkalan Minta Gerindra Usung La Nyalla Maju Pilgub Jatim

Rois Jajeli - detikNews
Kiai di Bangkalan Minta Gerindra Usung La Nyalla Maju Pilgub Jatim La Nyala Mattalitti memakai peci hitam (Rois Jajeli/detikcom)
Surabaya - Kiai kampung se-Kabupaten Bangkalan, Madura, mengajukan surat ke Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Ferry Juliantono, untuk menyampaikan ke Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, agar La Nyalla Mattalitti diusung sebagai Calon Gubernur Jawa Timur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 mendatang.

Surat permohonan dukungan itu disampaikan di sela acara buka bersama pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, Muspida Jatim, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jatim, serta anak yatim piatu di Graha Kadin Jatim, Jalan Bukit Darmo Raya, Surabaya, Senin (19/6/2017).

"Ada surat-surat dari kiai kampung se-Kabupaten Bangkalan, mengusulkan kepada Pak Prabowo, dalam pemilihan kepala daerah serentak ini, untuk mempertimbangkan bapak Ir H La Nyalla Mattalitti untuk menjadi calon gubernur dari Partai Gerindra," kata Koordinator Kiai Kampung se-Kabupaten Bangkalan KH Imam Bukhori di sela menyerahkan surat ke Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Ferry Juliantono di Graha Kadin Jatim, Jalan Bukit Darmo Raya, Surabaya, Senin (19/6/2017).

KH Imam yang biasa disapa Ra Imam beralasan, Kiai Kampung se Bangkalan mendorong La Nyalla menjadi Calon Gubernur Jatim di Pilgub 2018 mendatang, karena menilai Jawa Timur sebagai provinsi yang unik.

Ia menambahkan, Jawa Timur tidak hanya semuanya NU, tidak hanya semuanya kaum abangan, tapi bagaimana sosok pemimpin Jawa Timur ini yang mampu menjembatani dari semua kepentingan yang ada tidak hanya untuk golongan-golongan tertentu saja.

"Pak La Nyalla ini mampu menjembatani dari semua kepentingan dan kelompok yang ada di Jawa Timur. Itu pandangan dari para kiai-kiai," ujarnya.

Dia mengatakan, La Nyalla memang tidak dalam struktur pengurus Nahdlatul Ulama (NU). "Tapi beliau ini sangat NU sekali. Jadi tidak berseberangan dengan masyarakat yang menginginkan calon gubernur dari kader NU. Dan saya katakan tadi, beliau tidak hanya bisa menjembatani satu golongan saja. Kalau gubernur ya bukan gubernurnya NU. Bukan gubernurnya Muhammadiyah, tapi gubernurnya masyarakat Jawa Timur," jelasnya.

Menanggapi dukungan dari Kiai Kampung se Bangkalan, Madura, La Nyalla M Mattalitti mengucapkan terima kasih dan berjanji akan menjalankan tugas dengan baik.

"Dan saya siap menjalankan dan meneruskan program-program yang dilakukan Pakde Karwo," kata La Nyalla M Mattalitti.

Ia mengatakan, selain mendapatkan dukungan dari pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) se Jawa Timur, Nyalla ingin Jawa Timur ke depan, ingin meneruskan program Gubernur Soekarwo.

"Dan menjembatani kepada semua pihak, agar semuanya bisa diladeni. Jadi nggak pilih kasih. Dan meneruskan pikiran-pikiran ekonomi dari Pakde Karwo," tuturnya.

Ketika ditanya kemungkinan dirinya masju melalui jalur perseorangan (independen) atau kendaraan dari partai politik.

"Saya secara pribadi ingin maju melalui partai politik. Dan saya sudah mendekati Partai Gerindra. Juga berkomunikasi dengan PKS, PAN dan semuanya pada saatnya akan komunikasi dengan partai-partai lainnya," terangnya.

Hingga hari ini, baru ada nama tokoh atau figur yang diusung menjadi Calon Gubernur Jatim di Pilgub 2018 mendatang yakni, Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Padahal, dua periode Nyall juga mendukung pasangan gubernur dan wakil gubernur (Soekarwo-Saifullah Yusuf). Bagaimana sikapnya ketika nantinya akan berhadapan dengan Gus Ipul.

"Ya jangan sekarang. Kalau saya sampaikan sekarang, ya percuma. Lebih baik saya diusung dan didukung oleh partai, baru bisa bicara. Hubungan saya dengan Gus Ipul juga biasa berkomunikasi. Pilihan nanti ada di tangan rakyat," tandasnya.


(roi/dnu)
Baca Juga
detikX
Risma Digadang, Mega Melarang

Risma Digadang, Mega Melarang

detikX
Mencari Lawan Tanding Gus Ipul

Mencari Lawan Tanding Gus Ipul

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed