DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 19:11 WIB

Jelang Haji 2017

Jemaah Diminta Siapkan Diri Hadapi 'Serangan Panas' di Arab Saudi

Triono Wahyu Sudibyo - detikNews
Jemaah Diminta Siapkan Diri Hadapi Serangan Panas di Arab Saudi Foto: Triono Wahyu/detikcom
FOKUS BERITA: Haji 2017
Jakarta - Musim haji tahun ini ditandai dengan cuaca panas di Arab Saudi. Suhu diperkirakan di atas 40 Celsius. Jemaah diminta menyiapkan diri.

Kepala Subseksi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja (Daker) Madinah dokter Ika Nurfarida Sholeh menyampaikan hal tersebut dalam pembekalan petugas haji Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Haji, Jakarta Timur, Senin (19/6/2017).

Jemaah Diminta Siapkan Diri Hadapi 'Serangan Panas' di Arab Saudi
Kepala Subseksi Klinik Kesehatan Haji Indonesia Daerah Kerja Madinah dokter Ika Nurfarida Sholeh (Triono Wahyu/detikcom)

"Mungkin akan ada serangan panas atau lebih dikenal dengan heat stroke. Itu yang harus diwaspadai," kata Ika.

Tidak ada antisipasi yang paling manjur, kata Ika, selain mempersiapkan diri dan alat, seperti topi atau payung. Jemaah diharuskan sering-sering minum air putih, menyemprot wajah dengan air, dan mengurangi aktivitas yang tidak perlu.

"Tahun 2015, ada korban heat stroke. Tahun lalu tidak ada korban. Semoga tahun ini juga (tidak ada)," ungkap Ika.

Sosialisasi sejak awal, menurut Ika, cukup ampuh mencegah korban. Jemaah harus paham bagaimana menghadapi situasi. Karena itu, petugas haji gencar menyampaikan kepada jemaah bahaya serangan panas.

Tim medis saat ini terus mempersiapkan diri bertugas di Arab Saudi, Mekah, dan Madinah. Selain strategi penanganan jemaah, juga fasilitas seperti ambulans dan obat-obatan. Mereka juga mempersiapkan tim khusus, baik standby maupun mobile, agar jemaah terlayani dengan optimal.

Gelombang pertama jemaah akan diberangkatkan pada 28 Juli 2017 dan akan tinggal di Madinah. Gelombang berikutnya tinggal di Mekah. Tahun ini kuota haji Indonesia berjumlah 221 ribu, terbesar sepanjang sejarah.
(try/dhn)
FOKUS BERITA: Haji 2017
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed