DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 17:39 WIB

Muhadjir: Kebijakan Full Day School Sudah Disetujui di Ratas

Ray Jordan - detikNews
Muhadjir: Kebijakan Full Day School Sudah Disetujui di Ratas Foto: Surat klarifikasi Ratas (Jordan-detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo akan mengkaji ulang kebijakan sekolah 8 jam selama Senin-Jumat yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Muhadjir sendiri menegaskan, kebijakan tersebut bukan keputusan yang dia ambil sendiri.

Muhadjir mengatakan, kebijakan yang dia putuskan tersebut diambil berdasarkan hasil rapat terbatas (ratas) bersama Presiden Joko Widodo pada 3 Februari 2016.

"Ini dirapatkan pada tanggal 3 Februari pukul 14.56 WIB. Jadi ini untuk klarifikasi. Jangan sampai saya dianggap jalan sendiri. Jadi saya ikuti apa yang diputuskan oleh ratas," kata Muhadjir saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/6/2017).

Muhadjir menegaskan, dalam ratas tersebut, Presiden Jokowi telah menyetujui usulan dari dirinya terkait kebijakan full day school. Dia tak mau jika kebijakan yang dikeluarkannya itu disebut sebagai keputusan sepihak olehnya.

"Ini hasil putusan ratas. Jadi ratas itu memutuskan, presiden menyetujui usulan Mendikbud terkait upaya mensinkronkan libur sekolah dengan libur pegawai sehingga Sabtu dan minggu dapat digunakan sebagai hari libur masyarakat untuk menikmati kekayaan budaya dan alam Indonseia. Oleh karena itu, hal tersebut agar ditindaklanjuti. Ini hasil ratas, jadi tidak betul kalau saya bertindak tanpa dasar ratas," jelasnya.

Muhadjir pun mengatakan, pihaknya juga akan menggodok ulang pedoman terkait kebijakan full day school ini. "Sekarang kita sedang menggodok pedomannya, bersama Kementerian Agama. Juklaknya juga sedang digodok bersama tim sekarang. Nanti kita sinkronkan," katanya.

  • Muhadjir: Kebijakan Full Day School Sudah Disetujui di Ratas
    Foto: Surat klarifikasi Ratas (Jordan-detikcom)
  • Muhadjir: Kebijakan Full Day School Sudah Disetujui di Ratas
    Foto: Surat klarifikasi Ratas (Jordan-detikcom)

(rjo/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed