DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 17:09 WIB

Ular 'Serigala' Jenis Baru Berpotensi Jadi Hewan Peliharaan

Rina Atriana - detikNews
Ular Serigala Jenis Baru Berpotensi Jadi Hewan Peliharaan Ular 'serigala' Lycodon sidiki (Foto: Dok. LIPI)
Jakarta - Ular 'serigala' jenis baru bernama Lycodon sidiki ditemukan di tanah Aceh berpotensi jadi hewan peliharaan. Anda berminat untuk memelihara?

"Ular ini ada potensi untuk pet, hewan peliharaan. Tapi saya belum melihat potensi yang lain. Siapa tau dia punya zat aktif misalnya," kata Kepala Laboratorium Herpitologi Puslit Biologi LIPI Amir Hamidy saat dihubungi detikcom, Senin (19/6/2017).

Hanya saja, menurut Amir, penelitian terhadap Lycodon sidiki masih panjang. Peneliti harus benar-benar tahu dulu mengenai perilaku ular bercorak hitam putih tersebut.

"Riset ke tahap sana masih jauh. Risetnya sekarang masih dalam tahap keanekaragaman hayati. Mungkin 2, 5, 10 taun ke depan, kalau sudah paham betul perilaku ular tersebut kita bisa meneliti apa yang dia punyai," tutur Amir.

Ular 'Serigala' Jenis Baru Berpotensi Jadi Hewan PeliharaanFoto: Dok. LIPI
Lycodon sidiki di sungai di kawasan Takengon, Aceh, oleh Amir dan 3 rekan sepenelitiannya yakni yakni Elijah Wostl, Nia Kurniawan, dan Eric N Smith. Hasil penelitian mereka saat ini terbit menjadi jurnal internasional.

Terkait istilah ular 'serigala', menurut Amir itu hanya istilah yang diberikan oleh orang Inggris. Justru genus Lycodon pada dasarnya tak memiliki gigi taring.

"Itu hanya orang Inggris saja menyebut kelompok itu sebagai ular 'serigala'. Justru sebetulnya dia tidak punya gigi taring, giginya tampak lurus ke depan yang mencirikan grup itu," tutur Amir.
(rna/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed