DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 16:29 WIB

Novel Curigai Jenderal, Kapolri: Bila Ada Bukti, Kami Proses

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Novel Curigai Jenderal, Kapolri: Bila Ada Bukti, Kami Proses Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Imam Suripto/detikcom)
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan komitmen jajarannya mengungkap kasus teror penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan. Bila Novel bisa memberikan bukti terkait dengan kecurigaan dugaan adanya keterlibatan jenderal di balik teror, Polri siap memproses.

"Kalau merupakan fakta hukum, dari Polri siap kami akan proses hukum. Kita akan lakukan penyelidikan dan kita akan terbuka untuk itu," ujar Tito dalam jumpa pers di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (19/6/2017).

Namun, bila kecurigaan Novel tak berdasar, kata Tito, Polri akan menyesalkan pernyataan Novel kepada Time. Sebab, pernyataan tersebut bisa merusak image Polri dan membuat renggang hubungan dengan KPK.

Baca juga: Kapolri: 56 Orang Diperiksa, Ada Saksi Lihat Langsung Teror Novel

"Kalau itu merupakan suatu isu, saya dari Polri menyayangkan ini berakibat buruk kepada image institusi kepolisian yang juga bisa menimbulkan situasi kurang baik antara Polri dan KPK," sambungnya.

Pernyataan Novel soal kecurigaannya, menurut Tito, dibahas dalam pertemuan bersama pimpinan KPK. Prinsipnya, ditegaskan Tito, Polri berkomitmen mengungkap pelaku teror terhadap Novel.

"Jadi kita prinsip ingin kasus ini terungkap secepat mungkin, ini komitmen kita," sambungnya.

Untuk menindaklanjuti pernyataan Novel, Polri akan mengirimkan tim menemui Novel, yang sedang menjalani perawatan di Singapura. Tim akan memastikan kebenaran dari kecurigaan Novel.

"Tadi kita diskusikan masalah pernyataan saudara Novel di Time ada dugaan oknum jenderal polisi. Kami tentunya menanggapi ini tidak over-reaktif. Kita akan berusaha secepat mungkin mengirim tim ke sana untuk menanyakan kepada Saudara Novel, apakah itu merupakan fakta yang ada bukti, apakah merupakan isu kecurigaan," imbuh Tito.
(fdn/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed