DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 11:07 WIB

Kapolri akan ke KPK Siang Nanti Bahas soal Novel Baswedan

Kanavino Ahmad Rizqo, Nur Indah Fatmawati - detikNews
Kapolri akan ke KPK Siang Nanti Bahas soal Novel Baswedan Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Siang ini, Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan mendatangi kantor KPK. Tito mengaku akan membahas perkembangan penyelidikan kasus teror terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan.

"Itu nanti, saya akan datang jam 2 siang ke KPK dengan tim yang menangani dan kita akan berdiskusi di sana," ujar Tito di lapangan silang Monas, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2017).

Dimintai konfirmasi secara terpisah, Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengafirmasi kedatangan Kapolri ke KPK siang nanti. Febri mengatakan KPK berharap pengungkapan pelaku teror ke Novel bisa segera diungkap.

"Direncanakan siang ini ada pertemuan Kapolri dengan pimpinan KPK. Tentu kita berharap kerja sama KPK dengan Polri bisa diperkuat, termasuk upaya pengungkapan pelaku penyerangan Novel. Kita harap konsentrasi Polri dan KPK adalah pada pengungkapan pelaku tersebut. Akan dibicarakan juga apa langkah bersama yang dapat dilakukan untuk saling memperkuat penanganan perkara ini," ujar Febri.

Sebelumnya, media internasional, Time, mewawancarai Novel di ruang perawatannya di Singapura. Novel pun buka-bukaan terkait dengan teror yang menimpanya.

Dalam wawancara itu juga Novel menerima informasi mengenai adanya keterlibatan salah satu jenderal dalam kasusnya. Awalnya dia tidak percaya. Namun, setelah dua bulan berselang kasus penyiraman air keras ini belum terungkap, Novel menganggap informasi tersebut bisa saja benar.

Tito pun meminta Novel memberikan bukti soal pernyataannya tersebut. Tito juga berharap Novel memberikan keterangan tentang jenderal yang dicurigainya itu kepada penyidik. Apabila bukti-bukti dirasa cukup, polisi akan mendalami keterangan tersebut.

"Kalau ada buktinya, kami akan proses dan kami akan terbuka hal itu. Tapi kalau seandainya tidak ada bukti-buktinya, saya sangat menyayangkan karena nanti institusi kepolisian menjadi negatif pandangannya dan di dalam internal kepolisian pun bisa ada saling curiga-mencurigai," ujar Tito, Jumat (16/6).
(dhn/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed