DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 10:49 WIB

BUMN Selenggarakan Mudik Gratis 2017 di TMII

Ibnu Hariyanto - detikNews
BUMN Selenggarakan Mudik Gratis 2017 di TMII Mudik bareng di TMII (Ibnu/detikcom)
FOKUS BERITA: Traffic Mudik
Jakarta - Badan usaha milik negara (BUMN) mengadakan mudik gratis 2017. Sekitar 118.000 pemudik berpartisipasi dalam acara mudik gratis tersebut.

Acara mudik gratis 2017 bertema 'Mudik Bareng, Guyub Rukun' ini digelar di Tugu Api Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Senin (19/6/2017). Mudik gratis tersebut dilepas langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

Sebelum melepas secara simbolik para peserta mudik gratis 2017, Rini terlebih dahulu menyapa para pemudik dengan mendatangi sejumlah bus. Rini mengatakan jumlah peserta pada tahun ini meningkat 29 persen dibanding pada 2016.


BUMN Selenggarakan Mudik Gratis 2017 di TMIIMudik bareng di TMII (Ibnu/detikcom)


"Tahun ini naik 29 persen dan sinergi BUMN sudah betul-betul terasa. Ini sinergi dari 28 perusahaan BUMN. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh direksi BUMN yang ikut serta dalam mudik bareng ini dan menyukseskan mudik bareng ini berjalan lancar," kata Rini saat melepas peserta mudik gratis di TMII, Jakarta Timur.

Mudik gratis 2017 'Mudik Bareng, Guyub Rukun' menyediakan 84 kota tujuan di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Rini menambahkan 471 bus diberangkatkan hari ini.

"Ada 471 bus yang sudah di-ramp check oleh Kementerian Perhubungan. Insyaallah semua busnya dalam keadaan baik. Selain armada bus, kita ada kapal, ada juga kereta api kurang-lebih 100 gerbong," ungkap Rini.

Rini menjelaskan mudik gratis 2017 sudah memakai sistem booking online untuk mempermudahkan para peserta mudik gratis. Untuk pembiayaan, Rini menyebut semua bagian dari corporate social responsibility (CSR) BUMN. Rini juga menekankan agar semua BUMN lebih memikirkan rakyat Indonesia.

"Pembiayaan semua bagian dari CSR kami. Ini memang program dari kami. Tahun ini betul terasa. Kami selalu menekankan betul kepada CEO BUMN, bahwa kita adalah perusahaan negara, yaitu perusahaan milik bangsa Indonesia. Jadi kita harus juga memikirkan rakyat Indonesia yang masih membutuhkan bantuan kita," tutur Rini.

Rini juga menargetkan program mudik 2018 bisa mencapai 250.000 peserta. Karena itu, akan ada penambahan armada, khususnya kereta api.

"Target untuk tahun depan semoga mencapai 250.000 peserta. Kita ingin lihat untuk kemungkinannya untuk kereta api juga butuh. Sebab, keinginan sangat besar namun gerbong tidak cukup. Saya kemarin ke Bandung melihat, kita harus tambah train seat tahun depan kita akan tambah," kata Rini.

Acara tersebut juga dihadiri Dirjen Hubdar Pudji Hartanto dan Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo. Dalam kesempatan tersebut juga diberikan secara simbolis penghargaan rekor Muri dengan kategori 'Mudik Gratis dengan Armada Bus dan Peserta Terbanyak'.
(ibh/rvk)
FOKUS BERITA: Traffic Mudik
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed