ADVERTISEMENT

Cuaca Buruk, Bandara Ngurah Rai Sempat Ditutup 90 Menit

Prins David Saut - detikNews
Senin, 19 Jun 2017 09:58 WIB
Bandara Ngurah Rai di Bali (Kurnia Yustiana/detkcom)
Jakarta - Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sempat ditutup selama kurang-lebih 90 menit. Penutupan ini dilakukan karena cuaca buruk di area selatan Pulau Bali.

"Untuk keselamatan penerbangan, AirNav menerbitkan Notam (notice to airmen) terkait jarak pandang di bawah minimal karena hujan," kata Kepala Humas Bandara Ngurah Rai Arie Hasanurrohim kepada detikcom, Senin (19/6/2017).

Notam bernomor A2078/17 itu dikeluarkan pada pukul 07.45-09.30 Wita. Jarak pandang saat Notam ini berlaku dilaporkan hanya 100 meter.

"Padahal jarak pandang minimal 800 meter untuk keselamatan," ujar Arie.

Akibat cuaca buruk tersebut, ada 13 pesawat yang tertunda penerbangannya karena tidak bisa lepas landas. Sedangkan 7 pesawat lainnya tidak bisa mendarat di Bandara Ngurah Rai.

"Sekitar 12 pesawat holding di atas (berputar-putar) selama cuaca buruk tersebut. Tujuh penerbangan internasional dan 13 penerbangan domestik yang tidak bisa take off dan landing," ucap Arie.

Kondisi cuaca mulai normal dan bandara kembali dibuka sekitar pukul 08.50 Wita. Hingga saat ini, cuaca di sekitar Bandara Ngurah Rai sudah kondusif dan jarak pandang sudah aman. (vid/rvk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT