DetikNews
Minggu 18 Juni 2017, 20:02 WIB

Djarot Belajar Sabar dari Cerita Silat Kho Ping Hoo

Hary Lukita Wardani - detikNews
Djarot Belajar Sabar dari Cerita Silat Kho Ping Hoo Ilustrasi: Djarot Saiful Hidayat, berdiri (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Cerita silat karya Kho Ping Hoo ternyata masih digemari oleh Ketua DPP Bidang Organisasi DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat. Dia belajar sabar dari karya Kho Ping Hoo.

"Karena saya belajar dari Kho Ping Hoo. Saya masih suka baca Kho Ping Hoo," kata Djarot di acara buka bersama di Kantor DPD PDIP DKI, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (18/6/2017).

Ada satu jurus yang berkesan di benak Gubernur DKI Jakarta ini. Jurus dalam kisah silat itu seperti jurus tanpa jurus, mengajarkan nilai kesabaran mengatasi berbagai serangan. Kader partai banteng moncong putih juga harus belajar jurus ini.

"Dia bilang ini jurus tanpa jurus. Karena kalau dipukul, bolong, nggak akan kena. Kau pukul saja bolong, nggak akan kena. Baca deh. Jurus tanpa jurus itu 'jurus tanpa bayangan'. Kader partai juga (perlu) seperti itu," kata Djarot.

Namun bila ideologi Pancasila yang diserang, kader banteng diajaknya untuk tegas. Dia menegaskan kader PDIP bakal berani menghadapi orang yang anti-Pancasila.

"Yang mengganggu Pancasila kita hantam. Siapa yang mengganggu NKRI kita hantam. Kader PDIP nggak akan mundur," ujarnya.

Di dalam suasana Bulan Ramadan ini, dia mengingatkan bahwa Allah SWT menciptakan keberagaman. Fakta itu harus disyukuri. Islam diturunkan untuk membawa keselamatan bagi keberagaman. Bila ini dipahami oleh semua orang, maka tak ada lagi teror yang mengusik ketenteraman.

"Perilaku yang ngebom bukan orang Islam. Teroris itu. Saya minta saudara-saudara kader partai tolong bergaul tetangga kiri-kanan. Kalau ada sesuatu mencurigakan, tolong didekati dan tanya supaya Jakarta aman," kata dia.

Djarot merasa di bulan puasa kegiatannya malah lebih sibuk. Ini sekaligus melatih kesabaran. Dia menuturkan kekagumannya pada Ketua DPD PDIP Jakarta Timur Adi Wijaya alias Aming yang dinilainya sudah cukup sabar melaksanakan tugas kepartaian sampai sekarang.
(lkw/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed