DetikNews
Sabtu 17 Juni 2017, 16:15 WIB

Selain Nama Gaj Ahmada, Wajah Gajah Mada pun Ada Versi Lain

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Selain Nama Gaj Ahmada, Wajah Gajah Mada pun Ada Versi Lain Patung Gajah Mada di Mabes Polri. (Grandyos Zafna/detikcom)
FOKUS BERITA: Gajah Mada Muslim?
Jakarta - Nama Mahapatih Majapahit Gajah Mada ditulis Gaj Ahmada menjadi viral di media sosial. Rupanya, selain nama yang berbeda, diperkirakan ada versi lain dari bentuk tubuh dan wajah Gajah Mada.



Wajah Gajah Mada yang selama ini muncul disesuaikan dengan buku tulisan M Yamin tahun 1945 berjudul 'Gajah Mada: Pahlawan Persatuan Nusantara'. Tetapi ada versi lain dari wajahnya seperti dalam buku 'Gajah Mada: Biografi Politik' karya Agus Aris Munandar.
Repro gambar arca Gajah Mada. Repro gambar arca Gajah Mada. (istimewa)

Gajah Mada digambarkan sebagai sosok yang berbadan tegap, berambut ikal, dengan kumis yang melintang. Agus mendapatkan sosok itu dari arca yang ditemukan di Trenggalek dengan rangka tahun 1357. Sementara itu, M Yamin dalam bukunya menyatakan sketsa wajah Gajah Mada sesuai dengan temuan berupa gerabah.



Lain lagi dengan wajah Gajah Mada yang ada di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan. Di sana wajah Sang Mahapatih jadi mirip rupa Bapak Brimob Komjen (Purn) M Jasin.
Patung Gajah Mada di Mabes Polri dengan sketsa wajah M Jasin. Patung Gajah Mada di Mabes Polri dengan sketsa wajah M Jasin. (istimewa)

Ada pula wajah Gajah Mada yang terdapat di Pendopo Agung Trowulan, Jawa Timur. Di sana Gajah Mada digambarkan sebagai sosok yang memiliki rambut panjang, sorot mata yang tajam, serta dagu dan tulang pipi yang menonjol. Salah seorang penjaga Pendopo Agung, Muntolib, mengatakan patung setengah badan itu dibangun oleh Korps Polisi Militer dan diresmikan oleh Komandan Pusat Polisi Militer Brigjen TNI Sardjono pada 22 Juni 1986.

Selama ini memang wajah Gajah Mada hanya direka-reka. Keterbatasan teknologi pada masa itu membuat proses perekaman menjadi minim.
(bag/tor)
FOKUS BERITA: Gajah Mada Muslim?
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed