DetikNews
Sabtu 17 Juni 2017, 03:10 WIB

PPP Pertimbangkan Dukung Gus Ipul untuk Pilgub Jatim

Rois Jajeli - detikNews
PPP Pertimbangkan Dukung Gus Ipul untuk Pilgub Jatim Foto: Rois Jajeli/ detikcom
Surabaya - PKB tengah gencar melakukan komunikasi politik dengan sejumlah partai menjelang Pilgub Jawa Timur 2018. Bersama cagub yang diusungnya, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), PKB bersilaturahmi dengan PPP untuk memperkuat dukungan.

Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar mengatakan hubungan antara PKB dengan PPP layaknya seperti kakak dan adik yang memiliki kedekatan. Sebab itu, keduanya diharapkan dapat selalu harmonis dan mendukung satu sama lain.

"Sebab, kami sama-sama dilahirkan dan dibesarkan dari induk yang sama (NU)," ujar Abdul Halim Iskandar saat silaturrahmi di kantor DPW PPP Jatim, Jalan Raya Kendangsari, Surabaya (16/6/2017).

"Kalau tidak mengajak PPP untuk bersama-sama mengusung calon gubernur yang sama, rasanya ada yang kurang," tuturnya.

Halim menjelaskan, dalam Pilgub Jatim sebelumnya, PKB belum pernah berkoalisi dengan PPP. Sebab itu, Pilgub Jatim 2018 dinilai sebagai momentum yang pas untuk keduanya bersatu mengusung pasangan yang sama.

"Dari pelajaran sebelumnya, kami selalu berseberangan (di Pilgub Jatim). Dengan memulai membangun komunikasi ini, diharapakan akan membuat sejarah baru, dan berharap tidak berseberangan lagi di Pilkada mendatang," terangnya.

Disinggung mengenai Pilgub Jatim 2018 mendatang, PPP akan mempertimbangkan lamaran PKB untuk ikut mendukung Gus Ipul sebagai Cagub.

"Biasanya sebagai kakak akan mendukung dan membimbing adiknya. Sedangkan adik, biasanya akan menghormati kakaknya," ujar Ketua DPW PPP Musyafa Noer.

Musyafa mengatakan, ada beberapa pertimbangan dan perlu dibicarakan lebih lanjut dalam menyikapi Pilgub. Selain itu, PPP juga punya mekanisme serta keputusan rapat koordinasi wilayah (rakorwil), yang merekomendasikan beberapa kewajiba yang harus dijalankan dalam pemilihan kepala daerah mendatang.

"Diantaranya, bakal calon gubernur atau calon wakil gubernur dari internal kader yang terbaik," tuturnya.

Sementar itu, Gus Ipul yang ikut hadir dalam silaturahmi tersebut, menyambut baik silaturahmi yang dilakukan antara PKB dengan PPP dalam suasana keakraban.

"Keakraban ini menjadi awal yang baik, untuk menjalin kedekatan yang lebih intens menjelang pemilihan kepala daerah mendatang. Semoga suasana yang hangat ini tinggal disempurnakan dalam bentuk koalisi yang lebih solid. Dan tujuannya untuk masyarakat Jawa Timur lebih sejahtera dan makmur," kata Gus Ipul.
(roi/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed