DetikNews
Jumat 16 Juni 2017, 20:07 WIB

Belum Diganti Hanura, Tersangka KPK Miryam Masih Anggota DPR

Denita Br Martondang - detikNews
Belum Diganti Hanura, Tersangka KPK Miryam Masih Anggota DPR Foto: Hasan Alhabshy
FOKUS BERITA: Miryam Haryani Ditangkap
Jakarta - Ketum Hanura Oesman Sapta Odang sejak Mei 2017 lalu sudah berjanji akan mengganti posisi tersangka KPK, Miryam S Haryani dari DPR. Namun kenyataannya, lebih dari 1 bulan berlalu, Miryam masih anggota DPR. Apa alasannya?

"Hanura tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah, presumption of innocence," kata Sekjen Hanura Sarifuddin Sudding di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan, Jumat (16/6/2017).

Alasan lain, Hanura menghormati proses hukum yang sekarang sedang dijalani Miryam. Hanura juga siap jika harus memberi bantuan hukum.

"Lagi pula kasus yang disangkakan pada Miryam ini kan masalah pemberian keterangan palsu sehingga Hanura belum memberhentikan yang bersangkutan karena menghargai proses persidangan yang masih berlangsung. Kita memberikan bantuan hukum yang dibutuhkan yang bersangkutan," sebut Sudding.

Miryam rencananya akan dihadirkan Pansus Angket KPK Senin (19/6) nanti jika diberi izin oleh KPK. Ketua Fraksi Hanura Nurdin Tampubolon mengatakan hal tersebut tak masalah bagi Hanura andai memang pemanggilan tak melanggar hukum.

"Kalau memang itu tidak menyalahi aturan, buat kami sih tidak masalah karena itu kan sudah ada hubungannya dengan KPK dan penyidik, apa namanya, KPK dengan pansus. Kita lihat saja dulu, apa itu memungkinkan atau ada hal-hal yang tidak memungkinkan, kita lihat saja dulu ya," ucap Nurdin.

Pada Rabu (3/5) lalu, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang mengatakan Miryam akan dicopot dari posisinya di DPR. Bahkan, dia mengatakan pergantian antarwaktu (PAW) diproses hari itu juga.

"Saya PAW posisi dia sekarang di DPR. Ini hari," ujar Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) di Kompleks Parlemen.
(gbr/imk)
FOKUS BERITA: Miryam Haryani Ditangkap
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed