DetikNews
Jumat 16 Juni 2017, 10:37 WIB

Survei Median: Sutarmidji dan Karolin Calon Kuat Pilgub Kalbar

Indah Mutiara Kami - detikNews
Survei Median: Sutarmidji dan Karolin Calon Kuat Pilgub Kalbar Ilustrasi (Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta - Lembaga Media Survei Nasional (Median) merilis survei Pilkada Provinsi Kalimantan Barat yang bakal digelar pada 2018. Hasilnya, ada sejumlah nama kepala daerah di Kalbar yang diprediksi bakal unggul di tingkat provinsi.

Survei Median ini digelar pada 5-12 Mei 2017 dengan mewawancarai 1.000 responden yang merupakan warga Kalimantan Barat. Sampel responden dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei sebesar +- 3,1%.

Hasilnya, Bupati Landak Karolin Margret Natasya adalah kandidat paling populer (67,3%) dan diikuti oleh Wali Kota Pontianak Sutarmidji (57,3%). Total ada 10 tokoh yang disebut Median sebagai tokoh terpopuler di Kalimantan Barat.

"Melihat tingkat popularitas semua tokoh yang masih di bawah 70%, menjadi pekerjaan rumah yang serius bagi semua calon untuk meningkatkan popularitasnya di seluruh wilayah Kalimantan Barat hingga di atas 75%," kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun dalam keterangan tertulisnya, Jumat (16/6/2017).

Median kemudian mengukur elektabilitas dari 10 tokoh di Kalbar. Sepuluh tokoh yang diuji adalah:
1. Adrianus Asia Sidot
2. Frederika Cornelis
3. H Sutarmidji
4. Karolin Margret Natasya
5. Kartius
6. Lasarus
7. Michael Jeno
8. Milton Crosby
9. Ria Norsan
10. Suryadman Gidot

Hasilnya, elektabilitas H Sutarmidji unggul dengan 29% dan disusul Karolin Margret Natasya dengan 15,3%. Ria Norsan menyusul dengan 7,3%, Milton Crosby 4%, dan Adrianus Asia Sidot 2,7%. Masih ada 36,3% responden yang belum menentukan pilihan.

Median lalu kembali menguji elektabilitas 5 tokoh. Hasilnya elektabilitas Sutarmidji 33,3%, Karolin Margret Natasya 18%, Ria Norsan 7,3%, Adrianus Asia Sidot 3,3%, dan Suryadman Gidot 2,7%.

Dari simulasi 3 tokoh, didapat hasil elektabilitas Sutarmidji 37%, Karolin Margret Natasya 20%, Suryadman Gidot 4%.

Median kemudian mengkompetisikan 2 tokoh yang diasumsikan memiliki potensi paling kuat. Hasilnya, elektabilitas Sutarmidji 40% sementara Karolin Margret Natasya 24%. Masih ada 36% responden yang belum menentukan pilihan.

Rico memaparkan, dari simulasi 10 tokoh, elektabilitas Sutarmidji sudah berjarak 13,7% dari Karolin Margret Natasya atau dua kali margin of error.

"Sutarmidji dapat disimpulkan sementara ini memimpin dalam kontestasi Pilgub Kalimantan Barat," ungkap Rico.
(imk/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed