DetikNews
Kamis 15 Juni 2017, 21:44 WIB

Ada 11 Rest Area Tenda di 110 Km Tol Fungsional Brebes-Waleri

Heldania Ultri Lubis - detikNews
Ada 11 Rest Area Tenda di 110 Km Tol Fungsional Brebes-Waleri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan akan ada 11 rest area yang disediakan bagi pemudik yang melewati ruas jalan tol fungsional Brebes Timur-Weleri 110 kilometer (km). Rest area itu berupa tenda-tenda sementara yang bisa dimanfaatkan oleh pemudik.

"Sudah ada 11 tempat istirahat yang disediakan bagi pemudik. Tempat istirahat itu mirip-mirip tenda-tenda haji," ujar Basuki di kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis (15/6/2017).

Tenda yang dimaksud itu serupa dengan tenda yang digunakan jemaah haji ketika melakukan wukuf di Arafah. Basuki menyebut beberapa fasilitas penunjang kenyamanan pemudik juga disiapkan di rest area jalan tol fungsional yang baru difungsikan pada mudik tahun ini.

"Jadi ada minimarketnya, toilet, musala, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya. Semuanya kita siapkan untuk melayani mudik 2017 ini agar berjalan dengan lebih baik dan memastikan kenyamanan bagi pemudik," katanya.

Basuki menambahkan pemerintah juga telah menyediakan fasilitas parking bay di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek. Parking bay itu memiliki fasilitas seperti toilet, parkir, dan musala.

"Selain itu, tol fungsional arah Solo-Surabaya juga sudah siap, begitu juga dengan Semarang-Salatiga-Solo. Makin banyak prasarana yang ada, Korlantas bisa merekayasa, jadi siap melayani mudik. Mudah-mudahan berjalan baik," tuturnya.
(hld/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed