DetikNews
Kamis 15 Juni 2017, 21:39 WIB

Lembaga Zakat Ini Luncurkan Aplikasi Zakat

M Solehudin - detikNews
Lembaga Zakat Ini Luncurkan Aplikasi Zakat Peluncuran aplikasi zakat dari lembaga zakat Sinergi Foundation (M Solehudin/detikcom)
FOKUS BERITA: Serba-serbi Ramadan
Bandung - Digitalisasi membuat semua kemudahan di segala bidang. Tak terkecuali dalam hal pembayaran zakat. Berbagai lembaga zakat kini ramai-ramai meluncurkan aplikasi zakat untuk mempermudah pembayaran zakat.

Kali ini giliran Sinergi Foundation (SF) yang meluncurkan aplikasi ZakatApps. Aplikasi tersebut diluncurkan untuk memudahkan masyarakat membayar zakat-infak-sedekah dan membayar dana filantropi Islam lainnya.

Saat ini aplikasi tersebut sudah bisa diunduh di Play Store. Berbagai fitur terdapat dalam aplikasi tersebut. Mulai dari kalkulator zakat, rekening zakat, klik donasi, info penyaluran donasi, dan sejumlah fitur menarik lainnya.

Deputi CEO SF Asep Irawan mengatakan meningkatnya jumlah pengguna internet dan gadget menjadi alasan SF meluncurkan aplikasi ini.

"Semakin hari semakin berubah banyak melakukan lewat online. Maka kita hadirkan sebuah layanan kemudahan, yaitu ZakatApps," ucap Asep di rumah makan Ampera, Jalan Djunjunan (Pasteur), Kota Bandung, Kamis (15/6/2017).

Dia menjelaskan para muzaki atau pemberi zakat tidak akan kerepotan lagi membayar zakat karena bisa berdonasi kapan dan di mana pun melalui layanan aplikasi ini.

"Ada fitur kalkulator zakat, selama ini orang kebingungan berapa dia harus ngeluarin zakat. Lewat aplikasi ini sangat jelas penghasilan berapa, maka zakatnya wajib berapa," tuturnya.

Dengan diluncurkannya aplikasi ini, Asep menyebutkan SF menargetkan bisa menghimpun zakat pada Ramadan ini sekitar Rp 7,3 miliar. Dana tersebut akan disalurkan lewat berbagai program SF yang juga bisa dilihat secara transparan oleh masyarakat dalam aplikasi ZakatApps.

CEO Sinergi Foundation Ima Rachmalia berharap keberadaan ZakatApp ini bisa menyokong program-program sosial di SF secara berkelanjutan.

"Inovasi kami tak akan berhenti hanya di ZakatApps. Dengan sinergi antar-segenap peduli, SF akan terus meningkatkan kreativitas, kapasitas, serta memperluas jangkauan pengabdian, demi terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif, dan berkarakter," kata Ima di lokasi yang sama.

Untuk Ramadan ini, Ima menuturkan, SF memiliki sejumlah program menarik. Di antaranya program bingkisan kado untuk yatim dan duafa serta pemberian THR untuk petani dan duafa.

Program-program lainnya yang juga dilakukan SF ialah Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC), Lumbung Desa (LD), Beasiswa Pemimpin Bangsa (Sinergi Scholarship), Firdaus Memorial Park (FMP), Sinergi Pelayanan Masyarakat, dan beberapa program lain.
(nwk/nwk)
FOKUS BERITA: Serba-serbi Ramadan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed