DetikNews
Kamis 15 Juni 2017, 18:17 WIB

Pemerintah Luncurkan Aplikasi 'Ayo Mudik', Siap Diunduh

Heldania Ultri Lubis - detikNews
Pemerintah Luncurkan Aplikasi Ayo Mudik, Siap Diunduh Peluncuran aplikasi 'Ayo Mudik
Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika serta sejumlah kementerian lain telah meluncurkan aplikasi yang dinamai aplikasi 'Ayo Mudik'. Aplikasi itu bertujuan mendukung kelancaran masyarakat pada mudik tahun ini.

Pernyataan itu disampaikan oleh Menkominfo Rudiantara pada acara peluncuran aplikasi yang berlangsung di kantor Kementerian Perhubungan. Acara itu juga dihadiri oleh Menhub Budi Karya Sumadi serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

"Ini aplikasi mudik terpadu pertama di Indonesia. Aplikasi ini memberikan ketersediaan informasi mengenai jalur mudik, fasilitas yang ada di sepanjang jalur mudik, serta informasi titik kemacetan yang berpotensi memperpanjang durasi perjalanan mudik," ujar Rudiantara di kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis (15/6/2017).

Pemerintah Luncurkan Aplikasi 'Ayo Mudik', Siap DiunduhPeluncuran aplikasi 'Ayo Mudik" (Heldania Ultri Lubis/detikcom)
Rudiantara mengatakan selama ini akses informasi lengkap untuk mudik masih sulit diperoleh. Karena itu, ia berharap aplikasi ini dapat membantu masyarakat luas.

"Karena ini untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan dalam mudik Lebaran 2017. Aplikasi Ayo Mudik ini juga hasil kolaborasi pemerintah dengan perusahaan startup nasional Kudo," katanya.

Rudiantara menambahkan pengembangan aplikasi itu dilakukan dalam waktu kurang dari satu bulan. Dia menyebut hal itu dilakukan tak lain untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat luas.

"Konten dan informasi di dalam aplikasi ini didukung oleh berbagai kementerian dan lembaga terkait untuk dapat menyajikan konten dan informasi yang terpadu, yaitu Kemenhub, Kominfo, Kemenkes, ESDM, BMKG, Kepolisian RI, dan masih banyak lagi," sebutnya.

Ia melanjutkan aplikasi ini juga menyajikan informasi tempat atau lokasi yang dibutuhkan oleh pemudik selama dalam perjalanan. Aplikasi ini berbasis peta yang dapat menyajikan informasi mengenai lokasi posko mudik insidental dari berbagai mitra yang ada.

"Sehingga para pemudik akan mendapat kemudahan dalam memperoleh berbagai informasi, seperti lokasi posko mudik terdekat, pos polisi, posko kesehatan, SPBU, bengkel, masjid, ATM, info bencana, serta info lalu lintas terkini," tuturnya.

Peluncuran aplikasi ini dilaksanakan berbarengan dengan acara gelar pasukan posko angkutan Lebaran terpadu 2017. Aplikasi 'Ayo Mudik' yang dibikin Kudo Digital Solutions ini pun sudah bisa diunduh pemudik secara gratis melalui ponsel pintar berbasis Android via Playstore.
(hld/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed