DetikNews
Kamis 15 Juni 2017, 17:18 WIB

Tips Polresta Depok Cegah Pencurian Modus Tanya Alamat

Mei Amelia R - detikNews
Tips Polresta Depok Cegah Pencurian Modus Tanya Alamat Ilustrasi/Foto: Edi Wahyono
Jakarta - Pelaku pencurian yang mengincar rumah kosong atau sepi penghuni menjadi salah satu tren kejahatan menjelang Lebaran yang perlu diwaspadai. Para pelaku biasanya berpura-pura bertamu saat mengetahui ternyata rumah yang menjadi sasarannya masih berpenghuni.

"Modus-modus pencurian di rumah kosong ini banyak sekali modusnya. Ada yang pura-pura tanya alamat, bertamu, ada yang pura-pura mau membetulkan televisi, AC atau petugas dari instansi tertentu dan lain sebagainya," ujar Kasubag Humas Polresta Depok AKP Firdaus kepada detikcom, Kamis (15/6/2017).

Karena itu, masyarakat diimbau untuk mengenali modus-modus kejahatan seperti itu. Ada beberapa tips aman dari polisi yang dapat dilakukan ketika menemukan kecurigaan terhadap tamu yang tidak dikenal.

"Yang pertama, kalau ada orang tidak dikenal dan gelagatnya mencurigakan, jangan langsung mebuka gerbang atau pintu dengan mudah," imbuhnya.

Tanyakan keperluan orang asing bertamu ke rumah. Apabila tamu asing ini mengaku sebagai petugas tertentu, jangan ragu untuk memintanya menunjukkan surat tugas.

"Tanyakan surat tugas atau tanda pengenal kepada setiap orang asing/tamu yang ingin masuk ke dalam rumah, meskipun yang bersangkutan mengaku sebagai petugas," sambungnya.

Apabila terdapat hal-hal mencurigakan, masyarakat diminta segera menghubungi kantor kepolisian terdekat. Warga Depok bisa menggunakan aplikasi halopolisi dan menekan panic button ketika mendapat ancaman nyata dari pelaku kejahatan tersebut.

"Silakan download sekarang aplikasi Halo Polisi di smartphone anda melalui Google Play Store atau Apple Store atau kunjungi website www.halopolisi.id. Keamanan ada di jari Anda," kata Firdaus.
(mei/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed