DetikNews
Rabu 14 Juni 2017, 22:25 WIB

Bamsoet akan Laporkan Miryam ke Bareskrim soal Tuduhan Menekan

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Bamsoet akan Laporkan Miryam ke Bareskrim soal Tuduhan Menekan Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) akan melaporkan Miryam S Haryani ke Bareskrim Polri. Bambang tak terima dituduh menekan tersangka pemberi keterangan palsu kasus korupsi e-KTP itu.

"Kan kita sudah panggil Miryam, Senin ya. Kalau itu benar ada (tuduhan menekan), kita akan laporkan Miryam ke Mabes Polri sebagai bentuk fitnah. Kapan kita ketemu? Kan begitu kira-kira," kata Bamsoet di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Ketua KPK Agus Rahardjo memastikan pihaknya menyimpan rekaman pemeriksaan Miryam S Haryani yang isinya menyebut sejumlah nama anggota DPR menekan Miryam dalam kasus e-KTP. Bamsoet menghormati pernyataan Agus.

"Ya nanti diperdengarkan saja, kan kalau diperdengarkan selesai itu. Kita menyambut baik kalau itu ada. Kan cuma bagian itu aja, bukan bagian lainnya," ucapnya.

Dugaan adanya tekanan dari anggota Dewan kepada Miryam terungkap dalam sidang perkara korupsi e-KTP pada 30 Maret 2017. Penyidik KPK Novel Baswedan, saat bersaksi di persidangan, menyebut Miryam saat pemeriksaan di KPK menceritakan ketakutannya soal tekanan dari koleganya di DPR.

Soal dugaan tekanan ini, Miryam kemudian mengirimkan surat ke Pansus Angket KPK yang menyatakan dia tak pernah ditekan. Bamsoet menyebut surat tersebut membuktikan anggota Komisi III tak terlibat dalam pencabutan berita acara pemeriksaan (BAP) Miryam.
(gbr/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed