DetikNews
Rabu 14 Juni 2017, 18:31 WIB

Pilgub Jatim 2018

PDIP Banyuwangi Ambil Formulir Bakal Cawagub untuk Bupati Anas

Rois Jajeli - detikNews
PDIP Banyuwangi Ambil Formulir Bakal Cawagub untuk Bupati Anas Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (Ardian Fanani/detikcom)
Jakarta - DPC PDIP Banyuwangi mendaftarkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam penjaringan untuk Pilgub Jawa Timur 2018. Anas didaftarkan sebagai bakal calon Wagub Jatim.

"Kami mengambil formulir calon wakil gubernur, dengan harapan Pak Anas bisa ikut maju dalam pesta demokrasi di Jawa Timur 2018," kata Ketua DPC PDIP Banyuwangi Made Cahyana Negara setelah mengambil formulir cawagub di kantor DPD PDIP Jatim, Jalan Kendangsari, Surabaya, Rabu (14/6/2017).

Made menerangkan PDIP Banyuwangi berinisiatif mengambil formulir cawagub Jatim bagi Bupati Anas. Inisiatif tersebut berdasarkan aspirasi dari konstituen PDIP se-Banyuwangi.


Selain itu, Anas merupakan salah satu nama yang terjaring dalam rekapitulasi hasil rapat pleno DPC PDIP se-Jatim saat penjaringan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur. Itu tertuang dalam surat DPD PDIP Jatim Nomor 122/eKS/DPD/VI/2017 yang juga telah ditujukan ke Anas.

"Dengan adanya surat dari DPD PDIP itu, kami semakin mantap untuk bergotong-royong dan mengambil formulir pendaftaran calon wakil gubernur untuk Pak Anas," jelasnya.

Made menambahkan, Anas juga memiliki popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas yang cukup memadai. Dalam survei yang dipublikasikan berbagai lembaga, kata dia, nama Anas cukup baik penerimaannya.

"Itu sebenarnya secara tidak langsung juga membuktikan bahwa kinerja Pak Anas selama memimpin Banyuwangi cukup berhasil," tutur Made.


"Pak Anas selama memimpin Banyuwangi juga dikenal publik luas, tentu dengan tidak mengesampingkan masih ada beberapa kekurangan," imbuh dia.

Setelah mengambil formulir pendaftaran cawagub untuk Anas, pihaknya langsung membawa ke Banyuwangi dan akan menyerahkan ke Anas. Kemudian, menyerahkan sepenuhnya ke DPP PDIP.

Apalagi, menurut Made, Anas juga sudah menerima surat dari DPD. Dengan demikian, Anas telah mengetahui namanya terjaring dan diusulkan ikut mendaftar.

"Pengambilan (formulir) ini hanya tahap awal. Untuk proses selanjutnya, kami menyerahkan sepenuhnya ke DPP, karena itu kewenangan dari Ketua Umum DPP PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri," tukas Made.
(roi/elz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed