PD: Warga Surabaya Pasti Paham Bila Risma Maju di Pilgub Jatim

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Rabu, 14 Jun 2017 15:10 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini enggan maju di Pilgub Jatim. (Hasan Alhabshy/detikcom)
Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memberi sinyal tak akan maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Partai Demokrat menyebut sikap Risma mungkin didasari tanggung jawab moral kepada masyarakat Surabaya.

"Mungkin beliau sedang mempertimbangkan untuk memaksimalkan darmabakti, karya, dan kerjanya untuk masyarakat Surabaya sebagai bagian tanggung jawab moral atas amanah yang diberikan," kata Ketua DPP Demokrat Didik Mukrianto kepada wartawan, Rabu (14/6/2017).

Meski demikian, Didik menyebut sebenarnya tak ada masalah jika Risma maju dalam pertarungan menjadi Jatim-1. Masyarakat Surabaya, menurutnya, akan sangat paham.


"Namun terbuka kemungkinan dan saya yakin bisa juga dipahami oleh masyarakat Surabaya apabila Bu Risma ingin lebih besar lagi darmabaktinya ke rakyat Jatim melalui pilgub," terang Didik.

Saat ditanya soal calon yang akan diusung Demokrat di Pilgub Jatim, Didik tak menyebut nama. Namun, kata Didik, Demokrat sudah punya beberapa pertimbangan.

"Khusus Pilgub Jatim, PD masih terus melakukan ikhtiar dan menjaring calon-calon potensial yang layak dan tepat untuk diusung. Pasti pada saatnya nanti Majelis Tinggi Partai akan membuat keputusan yang tepat untuk Pilgub Jatim 2018," jelasnya.


Seperti diketahui, Risma sudah memberi isyarat menolak untuk maju dalam Pilgub Jatim 2018. Padahal sejumlah partai sudah menyatakan keinginan mengusung politikus PDIP itu.

"Wong aku sudah sampaikan ke Bu Mega (Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri) dan Bu Mega setuju bukan aku (yang jadi cagub Jatim) yeee...," ujar Risma sambil menggoda wartawan di ruang kerja Balai Kota Surabaya, Kamis (8/6). (gbr/elz)