Peresmian TransJ Koridor 13 Bisa Ditunda Bila Tak Penuhi Syarat

Bisma Alief Laksana - detikNews
Selasa, 13 Jun 2017 18:48 WIB
TransJ Koridor XIII Tendean-Ciledug (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Dirut TransJakarta Budi Kaliwono mengatakan ada kemungkinan peresmian Koridor 13 rute Ciledug-Tendean akan ditunda. Rencananya, Koridor 13 akan diresmikan pada 22 Juni, tepat pada hari lahir Jakarta.

"Lihat dululah, ya lebih bagus ditunda daripada ada risiko lebih besar," kata Budi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (13/6/2017).

Budi tidak ingin Koridor 13 dipaksakan beroperasi bila memang belum memiliki tingkat keselamatan sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh TransJakarta. "Kita lihat dulu, tapi kalau menyangkut safety (keselamatan) ya nggak ada aturanlah (untuk tetap dilanjutkan operasinya)," ujar Budi.

Salah satu kekurangan yang terus dikebut pengerjaannya adalah pintu otomatis di halte. Menurut Budi, saat ini ada beberapa halte yang belum memakai pintu otomatis.

"Haltenya kan ketinggian tempat di atas. Berarti akses harus ke bawah, kalau emergency (darurat) dan pada saat turun ke bawah platform pakai border. Jadi kita hindari lokasi basah. Kami khawatir kalau lokasi hujan ke dalam, jadi becek dan turun ke bawah," tutur Budi.

Meski begitu, Budi tetap berusaha keras menyelesaikan segala kekurangan tepat waktu pada 22 Juni. Karena itu, dia akan mempercepat beberapa pengerjaan. Dia sendiri tidak menutup kemungkinan melakukan pelayanan terbatas bila sudah memenuhi kriteria keamanan.

"Cuma kan 22 Juni itu kita patok hadiah ultah Jakarta. Makanya ini yang kita rancang supaya lebih cepat," ucap Budi.

"Kita bisa buat layanan terbatas kok asal sudah memenuhi kriteria keamanan pelanggan," tuturnya. (bis/rvk)