DetikNews
Selasa 13 Juni 2017, 17:34 WIB

Survei Poltracking: 4 Tokoh Jadi Kandidat Kuat Pilgub Sulsel

Fitang Budhi Adhitia - detikNews
Survei Poltracking: 4 Tokoh Jadi Kandidat Kuat Pilgub Sulsel Rilis survei Poltracking soal Pilgub Sulsel 2018 / Foto: Fitang Budi Adhitia/detikcom
Jakarta - Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis nama-nama kandidat yang diprediksi akan bersaing ketat di Pilgub Sulawesi Selatan 2018. Siapa saja?

Empat nama kandidat kuat Pilgub Sulsel versi Poltracking adalah Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah, mantan Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo, Ketua Harian Partai Golkar Nurdin Halid, dan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang.

"Nama Nurdin Abdullah, Ichsan Yasin Limpo, Nurdin Halid, dan Agus Arifin Nu'mang merupakan empat kandidat yang selalu unggul dalam berbagai simulasi," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda saat rilis survei di Hotel Oria, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (13/6/2017).

Survei Poltracking ini dilakukan pada 18-24 Mei 2017 dengan metode stratified multistage random sampling. Jumlah responden 800 orang dengan margin of error sebesar +- 3,5%.

Dari segi popularitas, nama Ichsan Yasin Limpo (57%), Agus Arifin Nu'mang (55%), Aziz Qahhar Mudzakkar (48%) dan Nurdin Abdullah (42%) adalah kandidat yang paling banyak dikenal publik. Sementara itu, untuk elektabilitas, Poltracking melakukan beberapa simulasi.

Untuk simulasi 27 nama, Nurdin Abdullah unggul dengan 14,43% responden yang memilih. Ichsan Yasin Limpo menyusul dengan 10,7%. Jika kandidat hanya ada 4, makan nama Nurdin Abdullah tetap unggul dengan 17,4% dan disusul oleh Ichsan Yasin Limpo (14,69%), Nurdin Halid (13,27%), dan Agus Arifin Nu'mang (11,21%).

"Nurdin Abdullah merupakan Bupati Bantaeng dengan prestasi mentereng yang kin namanya melambung tinggi di media, Ichsan Yasin Limpo mantan Bupati Gowa yang punya trah berpengaruh di Sulsel, Nurdin Halid merupakan pengurus teras Golkar yang juga pengusaha dan mantan anggota DPR, sementara Agus Arifin Nu'mang kandidat incumbent wakil gubernur Sulsel yang tingkat kepuasan kinerjanya relatif baik oleh publik," papar Hanta Yuda.

Hanta mengatakan tingkat kemantapan pilihan di Sulsel masih rendah sehingga kemungkinan dinamika masih besar hingga 1 tahun ke depan. Masih ada potensi terjadinya peralihan dukungan antarkandidat.


(imk/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed