Ekspedisi Jalur Mudik

Ini 13 Tempat Beristirahat di Sepanjang Tol Jakarta-Cikampek

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 13 Jun 2017 16:00 WIB
Parking bay di Cikampek siap digunakan. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - PT Jasa Marga (Persero), selaku pengelola Jalan Tol Cikampek, menyediakan 13 tempat beristirahat bagi para pengguna jalan tol. Tempat-tempat tersebut dapat dimanfaatkan pengendara pada masa mudik Lebaran 2017.

Kepala Gerbang Tol Cikarang Utama Hervian menjelaskan 13 tempat beristirahat pengendara itu terbagi menjadi dua jenis, yaitu rest area dan parking bay.

Para pengguna jalan tol dapat menikmati fasilitas rumah makan, tempat belanja, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), masjid, musala, dan beberapa bangunan toilet umum, serta lahan parkir yang menampung ratusan kendaraan di rest area. Sedangkan fasilitas yang disediakan di parking bay hanya musala, toilet umum, dan lahan parkir yang kapasitasnya terbatas.

"(Parking bay, red) hanya untuk tempat istirahat saja, toilet, dan musala. Kalau rest area, ada tenant-tenant makanan, menjual barang, musala atau masjid, dan SPBU," kata Hervian kepada detikcom, Sabtu (10/6/2017) lalu.

Berikut ini daftar tempat-tempat beristirahat untuk pengguna jalan tol di ruas Cikampek, Jawa Barat:

-Jakarta arah Cikampek

Rest area di KM 18, 33, 39, 50, 57
Parking bay di KM 18, 41, 58

-Cikampek arah Jakarta

Rest area di KM 62, 42, 34
Parking bay di KM 59, 34

Parking bayParking bay (Agung Pambudhy/detikcom)


Sebagai gambaran, rest area KM 39 arah Jakarta-Cikampek menghadirkan tenant Starbucks Coffee, KFC, dan banyak tempat makan serupa. Selanjutnya ada 5 minimarket yang tersedia. Selain makanan, terdapat SPBU, masjid, serta 4 bangunan toilet umum yang biliknya mencapai puluhan.

Sedangkan di parking bay KM 41 arah yang sama, terdapat satu bangunan toilet umum dengan jumlah bilik 7 untuk wanita dan 6 untuk pria. Berdasarkan pantauan detikcom saat berkunjung, kondisi parking bay tersebut belum berfungsi secara maksimal. Keran air di toilet masih dalam proses pemasangan dan musala belum dibuka untuk umum.

"Siap dipakainya paling Senin (12/6) atau Selasa (13/6). Ada juga bilik toilet di samping musala, masing-masing satu untuk wanita dan pria. Kalau musala luasnya 6x8 meter persegi dengan fasilitas kipas angin," kata pelaksana proyek parking bay KM 41, Nuryana (60), kepada detikcom di lokasi yang sama.

Rest Area 207 Berbenah Jelang MudikRest area 207 berbenah menjelang mudik. (Agung Pambudhy/detikcom)
(rvk/nwk)