DetikNews
Senin 12 Juni 2017, 23:02 WIB

Pilkada Sumatera Diprediksi Sepanas di Jawa

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Pilkada Sumatera Diprediksi Sepanas di Jawa Foto: Zaki Alfarabi/detikcom
Jakarta - Pilkada serentak 2018 diprediksi bakal panas, terutama di tiga pilgub di Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Timur (Jatim). Meski demikian, pilkada di Sumatera diprediksi tak kalah panas.

Hal itu terlihat dari hasil focus group discussion yang dilakukan lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI). Diprediksi, pilkada serentak di Sumatera bakal seketat di Jawa.

"Pilgub Sumatera bakal seketat di Jawa. Pilkada Sumatera justru dukungan didominasi muka calon penantang daripada petahana," kata Direktur Eksekutif KedaiKOPI Hendri Satrio dalam siaran pers, Senin (12/6/2017).

Pilgub Sumatera Utara, contohnya, justru tidak menempatkan petahana pada posisi puncak. Penantang lebih sering diperbincangkan sebagai kandidat kuat memimpin Sumut. Ini diakibatkan kasus Korupsi yang mendera Gubernur Sumut sebelumnya yang merupakan pasangan gubernur saat ini.

"Eddy Rahmayadi, Pangkostrad yang juga Ketua PSSI, diunggulkan di tempat pertama. Setelah itu, ada nama Ketua Komisi VII DPR RI asal Gerindra, Gus Irawan Pasaribu," kata Hendri.

"Petahana saat ini, Tengku Erry Nuradi, berada di posisi ketiga, yang ditempel oleh mantan Menteri Kominfo era SBY asal PKS Tifatul Sembiring. Setelah itu, ada nama Arya Sinulingga dan Bupati Simalungun JR Saragih, yang juga diperhitungkan," tuturnya.
(van/ams)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed