DetikNews
Senin 12 Juni 2017, 17:21 WIB

Saksi Dicecar soal Sewa Hotel yang Dipakai Patrialis di Batam

Faieq Hidayat - detikNews
Saksi Dicecar soal Sewa Hotel yang Dipakai Patrialis di Batam Suasana sidang Basuki dan Ng Fenny (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - PNS Imigrasi di Tanjung Pinang, Said, mengaku mengenal Patrialis Akbar sejak menjabat Menteri Hukum dan HAM. Saat itu, ia kerap mendampingi kegiatan yang dilakukan Patrialis.

"Kenal Pak Patrialis sejak menjabat di Menkum HAM," ujar Said saat ditanya hakim dalam sidang lanjutan kasus suap hakim MK di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Senin (12/6/2017).


Dia juga mengaku mengenal Direktur PT Spektra Selaras Kamaludin di Kementerian Hukum dan HAM. Saat itu, Kamaludin pun sudah mengenal Patrialis.

"Siap Yang Mulia," kata Said.

Hakim lalu menanyakan sewa kamar Hotel Novotel di Bintan, Batam. Saat itu, Patrialis dan Kamaludin bermain golf di Batam.

"Booking Novotel gunakan atas nama siapa?" ucap hakim.

"Atas nama pribadi saya karena ada Pak Kamaludin," ujar Said.

Kemudian, hakim menegaskan apakah sewa kamar hotel tersebut menggunakan atas nama Imigrasi. Sebab, Said merupakan PNS Imigrasi di Tanjung Pinang.

"Tidak Pak, jadi saya kenal dengan pihak Novotel karena Novotel tahu saya dari Imigrasi," ucap Said.

"Oh jadi Novotel tahu Anda di Imigrasi, dapat potongan harga tidak?" tanya hakim.

"Tidak karena setiap tamu yang saya bawa tahunya dari Imigrasi," tutur Said.

Basuki Hariman merupakan beneficial owner (pemilik sebenarnya) PT Impexindo Pratama, PT Cahaya Timur Utama, PT Cahaya Sakti Utama, dan CV Sumber Laut Perkara. Sedangkan Ng Fenny merupakan pegawai Basuki yang berprofesi sebagai General Manager PT Impexindo Pratama.

Mereka didakwa menyuap Patrialis sebesar USD 70 ribu dan Rp 4 juta lebih serta menjanjikan Rp 2 miliar. Uang itu diberikan dengan maksud mempengaruhi putusan perkara uji materi Undang-Undang (UU) Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.
(fai/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed