DetikNews
Senin 12 Juni 2017, 15:18 WIB

Imbas Kejadian Taruna Tewas Dianiaya, Akpol Akan Direvitalisasi

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Imbas Kejadian Taruna Tewas Dianiaya, Akpol Akan Direvitalisasi Kalemdiklatpol Komjen Moechgiyarto (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang - Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Kalemdiklatpol) Komjen Moechgiyarto mengatakan Akademi Kepolisian (Akpol) akan direvitalisasi. Hal itu dilakukan pasca kejadian taruna tingkat II, Mohammad Adam, yang dianiaya hingga tewas.

"Ada tim revitalisasi Akpol. Pertama perbaiki piranti lunak, salah satunya peraturan kehidupan taruna. Di situ nanti akan kita larang tidak ada lagi kumpul-kumpul korps, itu kan tradisi tidak sehat. Kita kenakan sanksi kalau ada yang melakukan," kata Moechgiyanto di Lapangan Bhayangkara, Akpol, Semarang, Senin (12/6/2017).

Selain itu, dia mengatakan perombakan struktur organisasi untuk pengasuhan akan dilakukan. Menurutnya, selama ini hanya ada 60 pengawas untuk 1.200 taruna Akpol. Jumlah pengasuh akan ditambah dan direncanakan dari anggota terbaik.

"Kurang lebih ya 300-an oranglah. Mereka pengasuh ambil yang terbaik, yang juara-juara, mental baik. Nanti target 2 tahun, dia bagus, tidak ada pemukulan, dia diorbitkan di luar. Supaya ada reward," jelasnya.

Fasilitas juga akan diperbaiki salah satunya terkait keberadaan CCTV di lingkungan Akpol yang saat ini jumlahnya hanya 60 unit. CCTV yang terpasang pun masih statis hanya mengambil satu sisi pantauan.

"Kita memperbaiki IT, makanya kemarin saya cek CCTV belum maksimal dari jumlah wilayah kita akan pasang sehingga gerak taruna bisa diawasi. Kurang lebih sekarang ada di 60 titik itu pun manual, tidak bisa gerak-gerak," pungkasnya.

Terkait tradisi memberikan hukuman dari senior kepada junior, ditegaskan tidak akan terjadi lagi dengan bentuk kekerasan adu fisik. Jika memang ada pelanggaran, lanjut Moechgiyarto, dilakukan dengan cara yang mendidik dan baik.

"Berikan pembinaan yang baik. Jadi bukan body contact," tegasnya.
(alg/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed