DetikNews
Senin 12 Juni 2017, 03:21 WIB

Ini yang Harus Diperhatikan Pemudik di Tol Darurat Batang-Semarang

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Ini yang Harus Diperhatikan Pemudik di Tol Darurat Batang-Semarang Foto: Kondisi Tol Fungsional Batang-Semarang (Adit-detikcom)
Batang - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono segera memfungsikan ruas jalan Tol Batang-Semarang, pada H-10 lebaran. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemudik jika ingin melintasi Tol Batang-Semarang yang masih bersifat fungsional alias darurat ini.

detikcom berkesempatan untuk menjajal ruas Tol Batang-Semarang. Adapun kondisi jalur yang masih fungsional ini hanya dapat dilintasi kendaraan dengan satu arah, baik arus mudik atau balik lebaran.

Dengan kondisi jalan yang masih berupa perkerasan jalan timbunan serta lean concrete atau beton ramping. Pemudik diminta untuk berhati-hati dan tidak memacu kendaraannya berlebih.

"Kecepatan kendaraan diharapkan 40 km per jam. Karena jalur ini lebarnyan 7 meter untuk 2 lajur berdampingan dan searah," ujar Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang-Batang, Saud Simatupang, di Batang, Jawa Tengah, Minggu (11/6/2017).

Ini yang Harus Diperhatikan Pemudik di Tol Fungsional Batang-SemarangFoto: Kondisi Tol Fungsional Batang-Semarang (Adit-detikcom)


Pantauan selama perjalanan diakui memang masih jauh dari sempurna, beberapa titik jalan masih terasa kasar dan bergelombang. Debu dan masih minimnya rambu atau marka jalan juga cukup menyulitkan pemudik.

Guna mengatasi itu, pihak Jasa Marga akan segera memasang spot light kit dan rambu-rambu jalan.

"Arahan Kakorlantas agar aman untuk berkendara malam akan dipasang spot light baik di atas dan tengah jalan. Sehingga kendaraan seperti sedan atau jenis SUV bisa lihat," sambungnya.

Tol dengan panjang jalan 75 km ini baru bisa difungsionalkan sejauh 34,5 km dengan progres pembangunan fisik 24,95 persen itu sudah memiliki empat spot rest area sementara yang bisa digunakan pemudik. Toilet dan tenda peristirahatan siap menampung pemudik.

"Ada empat rest area yang tersebar di daerah Juragan, Gondang, Ketanggan dan Plelen. Di sana toilet portable dan musala akan kami siapkan. Nanti kita akan tambahkan pula pos kesehatan, BBM mobile sedang kita usahakan," jelasnya.

"Untuk ketersediaan BBM, pihak Pertamina sudah cek lapangan dan mereka akan menyiapkan mobile. Kondisional pakai drum atau sachet kemasan 1,2 liter," sambungnya.

Ini yang Harus Diperhatikan Pemudik di Tol Fungsional Batang-SemarangFoto: Kondisi Tol Fungsional Batang-Semarang (Adit-detikcom)


Meski masih banyak kekurangan namun dengan difungsikan jalur tol Batang-Semarang diharapkan dapat menjadi jalur alternatif bagi pemudik. Kendati tol ini menyambungkan Batang-Semarang, namun kemungkinan pada mudik tahun ini hanya bisa dilalui sampai Desa Gringsing, perbatasan Batang-Kendal.
(adf/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed