DetikNews
Sabtu 10 Juni 2017, 18:22 WIB

#TanyaUstazAdi Ibu Hamil atau Menyusui Puasanya Bagaimana?

Tim detikRamadan - detikNews
#TanyaUstazAdi Ibu Hamil atau Menyusui Puasanya Bagaimana? Foto: Ustaz Adi Hidayat Lc,MA (detikcom)
FOKUS BERITA: #TanyaUstazAdi
Jakarta - Seperti kita ketahui puasa di bulan Ramadan adalah wajib. Namun bagaimana puasa bagi ibu hamil atau sedang menyusui ?

Menjawab pertanyaan itu Ustaz Adi Hidayat Lc, MA menjelaskan bahwa menunaikan puasa lebih baik daripada meninggalkannya. Termasuk bagi ibu hamil atau yang sedang menyusui.

"Jika dalam kondisi mengandung atau menyusui masih sanggup mengerjakan puasa, bisa mengaturnya, konsultasi dengan dokter, maka itu lebih baik. Namun jika kesulitan dan berdampak pada buruknya kesehatan pada ibu atau bayi Anda, maka hukum me-qadha itu lebih diutamakan. Anda bisa batalkan puasa kemudian me-qadha di hari lain selain Ramadan," jelas Ustaz Adi.

Baca Juga: #TanyaUstazAdi Bagaimana Bayar Utang Puasa yang Bertahun-tahun Lalu?

Ustaz Adi kemudian membacakan surat Al Baqarah ayat 184:

Ayyaaman ma'duudaatin faman kaana minkum mariidhan aw 'alaa safarin fa'iddatun min ayyaamin ukhara wa'alaa alladziina yuthiiquunahu fidyatun tha'aamu miskiinin faman tathawwa'a khayran fahuwa khayrun lahu wa-an tashuumuu khayrun lakum in kuntum ta'lamuuna

Artinya:

(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Baca Juga: #TanyaUstazAdi Benarkah Tidurnya Orang Puasa Itu Ibadah ?

Anda bisa menyaksikan program tanya-jawab bersama Ustaz Adi setiap hari di ramadan.detik.com. Setiap hari, bakal ada satu video tanya-jawab yang ditayangkan serta jawaban ustaz. Semoga menambah ilmu dan manfaat di bulan penuh hikmah ini.

[Gambas:Video 20detik]


(ega/ega)
FOKUS BERITA: #TanyaUstazAdi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed