DetikNews
Sabtu 10 Juni 2017, 14:24 WIB

EKSPEDISI BANTEN SELATAN

Nikah Dua Kali dari Batu Kalimaya

Ibad Durohman - detikNews
Nikah Dua Kali dari Batu Kalimaya Foto: Ibad Durohman
Jakarta - Batu Kalimaya merupakan batu akik yang punya keindahan tersendiri. Batu bening dengan berbagai corak dan warna di dalamnya ini dikagumi banyak pencinta batu akik di Indonesia.

Kalimaya, berdasarkan keterangan para penambang batu ini kepada kami, hanya ada di Kabupaten Lebak, tepatnya di Kecamatan Maja dan Sajira. Ada beberapa jenis Kalimaya asal Lebak, yakni Kristal Teh, Kalimaya Kristal, Kristal Air Kelapa, Kristal Kopi, Kristal Susu, dan Black Oval.

Nama-nama tersebut muncul secara spontan dari para penambang lantaran melihat warna dasar batu tersebut. Misalnya Kristal Teh, yang warnanya mirip air seduhan teh. Adapun kesamaan batu-batu itu adalah kembang atau jarong yang tampak di dalam batu. Warna kembang di dalam batu bervariasi.

Menurut Ade, seorang pedagang batu yang sering mangkal di pelelangan yang terdapat di Kampung Karoya, Desa Mekarsari, Sajira, batu Kalimaya yang banyak diburu adalah jenis Black Oval, yang berwarna dasar hitam dengan kembang berwarna-warni di dalamnya.

Berita selengkapnya dapat Anda baca di sini
(ddg/irw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed