detikNews
Kamis 08 Juni 2017, 17:30 WIB

#TanyaUstazAdi Yang Membatalkan Puasa Ditinjau dari 4 Mazhab

Tim detikRamadan - detikNews
#TanyaUstazAdi Yang Membatalkan Puasa Ditinjau dari 4 Mazhab Foto: 20detik
FOKUS BERITA: #TanyaUstazAdi
Jakarta - Apa saja sih hal-hal yang membatalkan puasa? Bagaimana pendapat empat imam mazhab terhadap hal-hal yang membatalkan puasa?

Menjawab pertanyaan itu, Ustaz Adi Hidayat, Lc, MA, mengawali dengan siapa saja empat imam mazhab. Empat imam itu adalah Imam Abu Hanifah (mazhab Hanafi), Imam Malik bin Annas (mazhab Maliki), Imam As-Syafi'i (mazhab Syafi'i), dan Imam Ahmad bin Hambali (mazhab Hambali).

"Keempat imam ini sepakat, pertama tentu makan-minum dengan sengaja, segala yang masuk lewat kerongkongan. Atau yang melahirkan energi untuk menambah kekuatan Anda walaupun tidak lewat kerongkongan itu membatalkan puasa. Tapi, kalau tidak sengaja atau lupa, tidak membatalkan," jelas Ustaz Adi.

Baca Juga: #TanyaUstazAdi Macam-macam Doa Berbuka Puasa

Kedua, hal yang membatalkan puasa adalah syahwat, misalnya hubungan suami-istri pada siang hari. Bahkan ada denda yang harus dibayar, dengan puasa 2 bulan atau memberi makan 60 orang miskin atau membebaskan budak.

"Syahwat juga bisa diartikan dengan bermaksiat, sengaja bermaksiat melihat gambar atau tayangan yang tidak tepat, ini bisa membatalkan puasa," ungkapnya.

Ustaz Adi mengatakan orang puasa itu harus membatasi diri dari maksiat, jangan berkata kotor, dan jangan berbuat bodoh. "Ada orang memprovokasi, mencela, jangan dibalas, tahan, Anda sedang puasa," tuturnya.

Anda bisa menyaksikan program tanya-jawab bersama Ustaz Adi setiap hari di ramadan.detik.com. Setiap hari, bakal ada satu video tanya-jawab yang ditayangkan serta jawaban ustaz. Semoga menambah ilmu dan manfaat di bulan penuh hikmah ini.

[Gambas:Video 20detik]


(ega/ega)
FOKUS BERITA: #TanyaUstazAdi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com