DetikNews
Kamis 08 Juni 2017, 15:05 WIB

Pemprov Sumsel Siap Jalankan Pesan Jokowi soal Anggaran Asian Games

Niken Widya Yunita - detikNews
Pemprov Sumsel Siap Jalankan Pesan Jokowi soal Anggaran Asian Games Presiden Jokowi memimpin ratas tentang Asian Games 2018. (Dok. Pemprov Sumsel)
Jakarta - Presiden Jokowi mengingatkan penggunaan anggaran Asian Games 2018 harus efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Pemprov Sumsel siap menjalankan pesan Jokowi tersebut.

"Kita siap menjalani pesan Pak Jokowi," ujar Kepala Biro Humas Protokol Pemprov Sumsel Teddy Meilwansyah ketika dimintai konfirmasi, Kamis (8/6/2017).

Menurut Teddy, pihaknya sebenarnya juga telah menerapkan prinsip yang dipesankan Jokowi. Apalagi kini Jokowi telah berpesan tentang hal itu, sehingga pihaknya tentu lebih siap menerapkannya.

Pesan Jokowi itu disampaikan saat rapat terbatas (ratas) menjelang Asian Games 2018 di kantor Presiden pada Rabu (7/6). Gubenur Sumsel Alex Noerdin hadir dalam ratas tersebut.

"Anggaran betul-betul dikalkulasi secara detail dan rinci. Dan perlu saya ingatkan, anggaran tidak dilebih-lebihkan dan juga tidak berlebihan," ucap Jokowi saat memberikan pengantar saat ratas.

Ratas itu juga dihadiri Wapres Jusuf Kalla, Menko PMK Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menpora Imam Nahrawi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menaker Hanif Dhakiri, Menteri PAN-RB Asman Abnur, Menristek Dikti M Nasir, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Ketua Komite Olahraga Indonesia (KOI) Erick Thohir, Gubernur Banten Wahidin Halim, Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, dan Wakil Gubernur Jabar Dedy Mizwar.

Jokowi meminta agar semua dilakukan secara terbuka, transparan, dan bisa dipertanggungjawabkan dengan baik. Dia juga menekankan bahwa penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games merupakan perhelatan bangsa yang akan membawa nama baik Indonesia di mata dunia.

Untuk di Sumsel, sekadar informasi, pembangunan penunjang Asian Games, baik infrastruktur maupun kesiapan venue, seperti light rail transit (LRT), pembangunan jalan tol, penambahan jembatan Musi IV dan Musi VI, serta flyover, terus dikebut, mengingat persiapan yang dilakukan harus cepat untuk mengejar waktu yang tersisa.

Belum lama ini pula Sumsel kedatangan tiga menteri sekaligus dalam rangka meninjau langsung progres kesiapan Asian Games 2018. Mereka adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dalam kesempatan tersebut, Alex Noerdin membuat tiga menteri itu terpukau. Alex memukau lantaran paparannya tentang kesiapan Asian Games 2017, yang dilanjutkan tinjauan langsung progres LRT, Jalan Tol Palembang-Indralaya, dan Jakabaring Sport City (JSC), tempat berlangsungnya perhelatan bangsa-bangsa Asia ini nantinya.

Panitia penyelenggara Asian Games 2018 atau INASGOC (Indonesian Asian Games Organizing Committee) mengusulkan anggaran Rp 8,7 triliun. Anggaran Rp 1,5 triliun diambil dari APBN Perubahan 2017. Sisanya, pemerintah berharap ada dukungan dari swasta.
(nwy/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed