DetikNews
Kamis 08 Juni 2017, 13:18 WIB

Pemerintah Kebut Persiapan Badan Pengelola Keraton Solo

Dwi Andayani - detikNews
Pemerintah Kebut Persiapan Badan Pengelola Keraton Solo Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Subagyo HS. Foto: Dwi Andayani/detikcom
Jakarta - Pemerintah kembali membahas persiapan pembentukan badan pengelola cagar budaya Keraton Kasunanan Surakarta. Badan ini dibentuk untuk revitalisasi keraton.

"Yang dibicarakan adalah membuat badan pengelola Keraton Kasunanan Surakarta yang selama ini ada kurang pas, siapa yang semestinya mengelola," ujar Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Subagyo HS di kantornya, Jl Veteran III, Jakarta Pusat, Kamis (8/6/2017).

Lewat badan khusus, pemerintah menurut Subagyo ingin membantu pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta. Termasuk memperhatikan sisi wisata dan budaya.

"Menindaklanjuti itu dalam pengelolaan agar proposional dan profesional dibentuklah badan ini oleh pemerintah. Yang dikelola cagar budaya, bukan keratonnya. Keraton itu bagian dari cagar budaya nasional," imbuhnya.

Sementara itu Mendagri Tjahjo Kumolo menyebut pembahasan badan pengelola dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk mempercepat penataan Keraton Kasunanan Surakarta.

"Arahan presiden untuk mempercepat supaya Keraton Solo segera ditata, dikelola dengan baik sebagai aset negar budaya Keraton Solo dan juga menjadi daerah tujuan wisata," kata Tjahjo.

Pertemuan hari ini diikuti unsur Kemendagri, Kementerian Pariwisata, Kementerian PU, Kemendikbud termasuk perwakilan dari pihak terkait seperti unsur keraton dan tokoh masyarakat.
(fdn/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed