DetikNews
Rabu 07 Juni 2017, 23:33 WIB

Wapres JK Ajak Semua Pihak Pelihara Perdamaian Dunia

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Wapres JK Ajak Semua Pihak Pelihara Perdamaian Dunia Wapes JK mengajak semua pihak memelihara perdamaian dunia. (M Taufiqqurrahman/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengajak semua pihak memelihara perdamaian di dunia. JK berharap semua pemimpin dunia berpikir soal kesejahteraan masyarakat.

Hal ini dikatakan JK dalam pidatonya dalam acara Asia-Euro Policy Forum di Hotel Kempinski, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2017) malam.

JK mengawali sambutannya dengan menggambarkan dunia yang penuh ketidakpastian. Di berbagai belahan dunia, seperti Eropa, Asia, Afrika, menurutnya, muncul berbagai banyak masalah. Yang terbaru adalah konflik Qatar dengan Arab Saudi bersama beberapa negara lainnya.

Khusus di Asia, JK menyebutkan beberapa pemimpin Asia terdahulu telah memikirkan untuk mengembangkan komunitas Asia yang damai. Dia memperkirakan masalah-masalah di beberapa negara Asia tidak akan berakhir dengan konflik, seperti masalah Laut China Selatan.

Menurutnya, China tidak akan gegabah menggunakan kekuatan militer atas Laut China Selatan karena akan mengganggu jalur ekonomi negara tersebut. Termasuk negara-negara di sekitarnya.

Lain halnya dengan Eropa. JK mengatakan benua itu saat ini dipenuhi berbagai masalah, di antaranya terorisme. Dikatakannya, terorisme datang dari negara-negara miskin dan gagal.

"Semuanya mereka datang dari negara gagal," ujar JK.

Setelah Amerika Serikat menginvasi beberapa negara, lanjut JK, negara-negara itu hancur dan masyarakatnya menjadi sedih dan tidak memiliki masa depan. "Berpikir tidak ada harapan dan berpikir surga sehingga melakukan bom bunuh diri," imbuhnya.

JK pun menginginkan masyarakat di dunia dapat hidup bersama. Adapun masalah di beberapa negara yang disebutkannya tersebut dapat diselesaikan secara bersama-sama.

"Saya pikir situasi bisa kita selesaikan bersama," tutup JK.
(fiq/elz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed