PKS-Demokrat Tetap Kompak Tak Kirim Wakil ke Pansus Angket KPK

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 07 Jun 2017 07:05 WIB
Foto: Ilustrasi hak angket DPR pada KPK (Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta - Hari ini akan digelar pemilihan pimpinan panitia khusus (pansus) angket KPK. Wakil ketua DPR Fahri Hamzah sebelumnya menyebut tinggal fraksi PKS dan Partai Demokrat yang belum menyetor wakil ke pansus.

Jelang pemilihan pimpinan pansus, keduanya kompak menyatakan tak akan mengirim wakilnya. Hal tersebut disampaikan pimpinan fraksi masing-masing.

"PKS tidak mengubah sikap," ujar sekretaris F-PKS Sukamta saat dikonfirmasi, Rabu (7/6/2017).



Sementara itu, sekretaris F-Partai Demokrat Didik Mukrianto mengatakan fraksinya tak akan mengirim wakilnya juga. F-Partai Demokrat tak bertanggungjawab terhadap dinamika yang terjadi di dalam pansus.

"Sejalan dengan sikap F-PD yang tidak setuju dengan angket serta F-PD tidak ingin menjadi pihak yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan angket," kata Didik dikonfirmasi terpisah.

Sedangkan F-PAN masih pikir-pikir mengutus wakilnya. Waketum PAN Taufik Kurniawan mengatakan masih menunggu pertimbangan dari sang ketum Zulkifli Hasan. Tetapi, Fahri mengklaim F-PAN akan menyetor wakilnya hari ini.

Pimpinan F-PKB sampai saat ini belum mengkonfirmasi apakah mengutus perwakilannya atau tidak. Pasalnya, F-PKB menyatakan menolak mengirim wakil tetapi Fahri menyebut sudah ada 8 fraksi--termasuk F-PKB--yang pasti mengutus wakilnya ke pansus hak angket KPK.

"Harusnya nggak ya, coba hubungi Mbak Ida (Ketua F-PKB Ida Fauziah)," kata anggota F-PKB Daniel Johan.

detikcom mencoba mengkonfirmasi Ida dan sekretaris F-PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, namun belum ada respons. (dkp/idh)