DetikNews
Selasa 06 Juni 2017, 20:08 WIB

16 Kapal Polair Banten Siap Patroli di Selat Sunda saat Arus Mudik

Muhammad Iqbal - detikNews
16 Kapal Polair Banten Siap Patroli di Selat Sunda saat Arus Mudik Kepadatan jalur pelayaran Merak-Bakauheni (Agung Pambudhy/detikcom)
FOKUS BERITA: Marhaban Ya Ramadan
Cilegon - Polisi Udara dan Air (Polair) Polda Banten akan meningkatkan pengamanan di Selat Sunda selama musim mudik Lebaran 2017. Pengamanan itu berupa patroli rutin mengawal kapal-kapal yang hendak menyeberang ke Bakauheni.

Polair Polda Banten mengerahkan 120 personel untuk Operasi Ramadniya 2017. Hal itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, baik di laut maupun di feri.

"Kita lebih mempersiapkan pengamanan lalu lintas saat di laut, kita lebih pada pengamanannya. Sebelum hari-H nanti kita akan mengawal feri yang akan menyeberang dari Merak ke Bakauheni," kata Direktur Polair Polda Banten Kombes Imam Thobroni kepada wartawan seusai acara buka bersama Kapolda Banten di Markas Polair Polda Banten di Kota Cilegon, Selasa (6/6/2017).

16 Kapal Polair Banten Siap Patroli di Selat Sunda saat Arus MudikDirektur Polair Polda Banten Kombes Imam Thobroni (Muhammad Iqbal/detikcom)

Selain pengamanan dengan meningkatkan patroli di laut, polisi akan mengantisipasi tindak kejahatan di atas kapal. Imam mengatakan akan menempatkan 2 polisi dan 2 personel dari Lanal Banten di atas kapal untuk mengantisipasi tindak kejahatan di atas kapal.

"Kita akan tempatkan 2 personel kita, gabungan dengan Lanal Banten. Kemudian kita mempersiapkan kapal-kapal kita untuk memantau di jalur-jalurnya itu kita punya kapal patroli dan bantuan dari Mabes Polri," ujar Imam.

Selain itu, polisi mengerahkan 16 kapal untuk mengamankan Selat Sunda. Kapal itu terdiri atas 14 kapal milik Polair Polda Banten dan 2 kapal dari Mabes Polri.

"Kita juga menyiapkan kapal RIB (rigid inflatable boat) atau boat besar khusus untuk SAR. Kalau ada kecelakaan laut, kita akan segera ke TKP," jelas Imam.
(ams/ams)
FOKUS BERITA: Marhaban Ya Ramadan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed