Mendagri Sudah Surati Mensesneg soal Djarot, Kini Tunggu Keppres

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Senin, 05 Jun 2017 15:18 WIB
Mendagri Tjahjo Kumolo (Bagus Prihantoro/detikcom)
Jakarta - DPRD DKI Jakarta telah membahas pengunduran diri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dari jabatan gubernur. Kini tinggal menunggu keppres agar Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dilantik untuk bertugas sebagai pemimpin Ibu Kota secara definitif.

"Dari Mendagri kepada Bapak Presiden melalui Mensesneg terkait keputusan DPRD DKI paripurna atas mundurnya Gubernur DKI yang ditahan sudah kami ajukan ke Istana. Mudah-mudahan keppres untuk gubernur definitif Pak Djarot segera keluar, termasuk keppres untuk memberhentikan Pak Ahok," kata Tjahjo di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2017).

Jika keppres tersebut diteken hari ini, paling cepat besok (6/6) Djarot dilantik. Dengan demikian, Djarot bisa langsung bertugas hingga Oktober 2017.

"Tugas Pak Djarot nantinya memimpin proses suksesi kepada Pak Anies, kemudian mempersiapkan semuanya karena masa waktunya hanya 4-5 bulan dan tidak ada wakil karena hanya 5 bulan," ungkap Tjahjo.

Sebelumnya, Djarot juga belum tahu kapan akan dilantik oleh Jokowi. Dia lebih dulu menunggu jadwal dari Presiden.

"Infonya minggu ini akan diajukan ke Presiden (surat dikirim ke Presiden)," ucap Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (5/6).

"(Dilantiknya) menunggu jadwal Presiden," tuturnya. (bpn/imk)