Gunung Marapi Sumbar Meletus, Masyarakat Tak Perlu Mengungsi

Aditya Mardiastuti - detikNews
Minggu, 04 Jun 2017 12:53 WIB
Letusan Gunung Marapi/Foto: Dok. BNPB
Jakarta - Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam, Batusangkar, Sumatera Barat meletus. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut letusan itu tidak menimbulkan pengungsian.

"Ada letusan hari ini tidak menimbulkan pengungsian. Permukiman masyarakat di luar dari radius 3 km," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Minggu (5/6/2017).

Sutopo menjeleskan Gunung Marapi itu meletus sekitar pukul 11.00 WIB. Dia menambahkan sejak 3 Agustus 2011 silam, gunung yang memiliki tinggi 2.891 m dpal itu berstatus waspada (level 2).

Sutopo menambahkan letusan itu wajar terjadi karena statusnya waspada. Pihaknya merekomendasikan masyarakat di sekitar lokasi tidak mendaki hingga radius 3 Km dari puncak.

"Letusan yang terjadi adalah wajar karena status Waspada. PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitat Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Marapi pada radius 3 km dari kawah atau puncak," jelasnya.

Dia mengimbau masyarakat agar tetap tenang. Pihaknya akan mengupdate informasi jika aktivitas gunung meningkat.

"Masyarakat dihimbau tetap tenang. PVMBG akan menyampaikan peringatan dini lebih lanjut jika kondisi aktivitas gunung meningkat dan membahayakan," papar Sutopo. (ams/elz)