DetikNews
Sabtu 03 Juni 2017, 17:00 WIB

2 Menteri Jokowi dan Trah Sukarno Hadiri Pekan Pancasila di Citos

Nur Indah Fatmawati - detikNews
2 Menteri Jokowi dan Trah Sukarno Hadiri Pekan Pancasila di Citos Foto: Acara Pekan Pancasila di Cilandak Town Square. (Nur Indah/detikcom)
Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) menggandeng sejumlah seniman dan tokoh anak muda meramaikan Pekan Pancasila. Acara bertajuk 'We The Nation' digelar untuk memperingati hari lahir Pancasila ke-72.

Saksikan video 20detik mengenai Acara Bekraf dan Menpora di sini:



Acara yang diadakan di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan ini dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, diikuti oleh lagu nasional Indonesia Pusaka dan Garuda Pancasila. Musisi Addie MS memandu pengunjung yang hadir di lobi mal tersebut.

Acara Pekan Pancasila di Cilandak Town Square.Acara Pekan Pancasila di Cilandak Town Square. Foto: Nur Indah/detikcom


Beberapa tokoh hadir dalam acara ini seperti Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Ada pula Sukmawati Soekarnoputri dan Puti Guntur Soekarno.

"Pancasila adalah jauh dari ujaran kebencian, secara langsung ataupun media sosial. Kita harus bertoleransi agar tumbuh dan bergerak maju meningkatkan kreatifivitas," ujar Triawan Munaf dalam sambutannya, Sabtu (3/6/2017).

Sementara itu, Menteri Hanif Dakhiri mengajak semua untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saya Pancasila, ideologi untuk semua. Bukan untuk golongan tertentu. Yang mempersatukan kita. Jangan pernah lelah untuk mempertahankan NKRI. Saya Indonesia. Saya Pancasila," ucap Hanif yang disambut sorakan penonton.

Addie MS memandu pengunjung menyanyikan lagu-lagu nasional.Addie MS memandu pengunjung menyanyikan lagu-lagu nasional. Foto: Nur Indah/detikcom


Triawan Munaf kemudian maju dan memandu pengunjung untuk mengikrarkan Pancasila.

Acara ini akan diisi sejumlah seniman muda seperti Glenn Fredly, JFlow, Once Mekel, Banyu Biru Djarot, Puti Soekarno, Rinrin Marinka, Kevin Aprilio, dll.

Acara bermuansa seni ini sengaja dipilih karena dekat dengan anak muda. Sehingga, Pancasila bisa ditumbuhkan kembali dalam jiwa anak muda.

"Sasarannya anak-anak muda. Untuk yang datang bisa siapa saja. Orang Indonesia yang support Pancasila. Acara ini memang dalam rangkaian pekan Pancasila yang dicanangkan Presiden Jokowi. Kita bikin acara seni, karena seni pintu gerbang masuk ke anak muda yang mudah," kata panitia, Andre Sumual.

2 Menteri Jokowi dan Trah Sukarno Hadiri Pekan Pancasila di CitosFoto: Denita/detikcom

Salah seorang penggagas acara, Banyu Biru, mengatakan acara ini penting untuk memperkuat pemahaman Pancasila kepada para pemuda. Pancasila penting untuk bangsa ini, sehingga harus dijaga oleh para pemuda.

"Takkan ada keberagaman, kebhinekaan tanpa Pancasila. Takkan ada berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan, tanpa Pancasila. Takkan ada etos kerja, gotong royong, tanpa Pancasila. Takkan ada musyawarah mufakat di antara kita tanpa Pancasila. Takkan ada keadilan sosial tanpa Pancasila," ujar Banyu Biru.
(nif/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed