DetikNews
Kamis 01 Juni 2017, 19:15 WIB

Anggota DPR Hingga Budayawan Berpuisi di Hari Lahir Pancasila

Reny Anggraini - detikNews
Anggota DPR Hingga Budayawan Berpuisi di Hari Lahir Pancasila Foto: Reny Anggraini-detikcom
Jakarta - Sejumlah tokoh politik dan budayawan menggelar Tadarus Puisi Ramadan di Hari Pancasila di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. Acara yang diinisiasi Wakil Ketua DPR Fadli Zon ini dalam rangka merayakan hari lahir Pancasila sekaligus ulang tahunnya yang ke-46.

"Saya berterima kasih sudah datang ke acara ini. Acara ini diselenggarakan secara mendadak, dalam rangka peringatan hari lahir pancasila, juga ibu saya pada 46 tahun lalu melahirkan saya," kata Fadli di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2017).

Tadarus PancasilaRidwan Saidi berpidato di tadarus Pancasila Foto: Reny Anggraini-detikcom

Acara itu diisi dengan musikalisasi puisi dari sejumlah budayawan seperti Taufik Ismail, Jaya Suprana, dan Joserizal Manua. Anggota DPR seperti Desy Ratnasari, Fahri Hamzah, dan Rachel Maryam juga ikut berpuisi. Artis Ahmad Dhani juga hadir didampingi istrinya Mulan Jameela.

Fadli sempat membacakan sebuah sajak karya WS Rendra yang berjudul 'Aku Mendengar Suara'. Fadli mengatakan alasannya menyampaikan kritik melalui puisi karena lebih masuk ke hati.

"Di dalam puisi kan ada pesan-pesan tertentu, ada kritik dan melalui puisi orang-orang biasanya mengetuk pintu hati, untuk memikirkan masih ada persoalan yang harus diselesaikan. Salah satunya melalui pendekatan budaya, akan jauh lebih lentur dan masuk ke hati," kata dia.

Musikalisasi puisi sejumlah budayawan di Tadarus PancasilaMusikalisasi puisi sejumlah budayawan di Tadarus Pancasila Foto: Reny Anggraini-detikcom

Berikut sajak WS Rendra yang dibacakan Fadli:

Aku Mendengar Suara

Aku mendengar suara
Jerit hewan yang terluka
Ada orang memanah rembulan
Ada anak burung terjatuh dari sarangnya
Orang-orang harus dibangunkan
Kesaksian harus diberikan
Agar kehidupan bisa terjaga

Yogyakarta
1974
(ams/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed