Mendagri: Djarot akan Dilantik Jadi Gubernur DKI Secepatnya

Cici Marlina Rahayu - detikNews
Kamis, 01 Jun 2017 12:33 WIB
Tjahjo Kumolo / Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat akan segera dilantik secepatnya. Dia berharap Djarot mampu mengintegrasikan janji kampanye gubernur dan wakil gubernur terpilih Anies-Sandi.

"Dalam waktu yang secepatnya akan segera dilantik pak Djarot sebagai Gubernur definitif sampai Oktober, agar dia mempersiapan pelantikan Gubernur baru, serta menyerasikan program-program kerja pusat dan daerah termasuk janji kampanye pak Anies, supaya terintegrasi Jakarta," kata Tjahjo di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2017).

Tjahjo mengatakan proses ini tidak perlu menunggu proses banding kasus Ahok. Proses peralihan kepemiminan dari Ahok ke Djarot menggunakan UU Pilkada.

"Sepakat, karena apapun yang bersangkutan sudah mundur, berarti dia sudah tidak menggunakan upaya hukum, berarti sudah inkrah hasil keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara, dasar itulah maka dewan sudah rapat kemarin beberapa hari, sudah diserahkan ke kami," ujarnya.

Tjahjo mengatakan Kemendagri masih menunggu surat keputusan hasil rapat dari paripurna DKI. Setelah menerima, Kemendagri bisa langsung mengajukan kepada Presiden untuk mengeluarkan keputusan Presiden (Keppres).

"Mudah-mudahan hari ini Kemendagri menerima surat keputusan hasil rapat paripurna DKI, dari dasar itu akan segera kami ajukan kepada presiden, untuk mengeluarkan Keppres, sebagaimana yang diputuskan oleh DPRD, tanpa pemerintah harus menunggu ada banding atau tidak oleh kejaksaan agung," jelasnya. (cim/imk)