DetikNews
Rabu 31 Mei 2017, 22:41 WIB

Banjir dan Longsor Landa Kendari, 1 Orang Tewas

Andhika Prasetia - detikNews
Banjir dan Longsor Landa Kendari, 1 Orang Tewas Rumah terendam akibat banjir di Kendari (Dok. BNPB)
Kendari - Hujan deras disertai angin menyebabkan banjir dan tanah longsor di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, hari ini. Akibatnya, 1 orang tewas akibat tertimbun tanah longsor.

"Satu orang meninggal dunia atas nama Alma Husna (17 tahun/perempuan) akibat rumahnya tertimbun longsor dan pohon tumbang di di Jalan Lasolo, Kelurahan Sanua, Kecamatan, Kendari Barat. Selain juga terdapat satu orang luka sedang dan satu orang luka ringan," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Rabu (31/5/2017).

Banjir di Kendari melanda 14 kelurahan dan 4 kecamatan. Hal ini disebabkan meluapnya Sungai Wanggu dan drainase perkotaan yang buruk. Akibatnya, ribuan rumah terendam dan warga mengungsi.

Longsor di Kendari Tanah longsor di Kendari (Dok. BNPB)

"Meluapnya Sungai Wanggu dan drainase perkotaan yang tidak mampu menampung aliran permukaan menyebabkan 14 kelurahan terendam banjir, yang meliputi Kelurahan Kampung Salo, Kendari Cadi, Gunung Jati, Sanua, Sodoha, Tipulu, Watu-watu, Kemah Raya, Lahundate, Kuromba, Watulondo, Mandonga, Kadia, dan Pondambea. Ribuan rumah terendam banjir sehingga ratusan warga mengungsi ke tempat yang aman," kata Sutopo.

Saat ini, pendataan dampak banjir dan tanah longsor masih dilakukan BPBD Kota Kendari. Posko pengungsi sudah didirikan di halaman kantor Wali Kota Kendari.

"Pendataan dampak banjir dan longsor masih dilakukan BPBD Kota Kendari. BPBD telah mengirimkan tim untuk melakukan penanganan kedaruratan, mendirikan posko di halaman kantor Wali Kota, dan melakukan koordinasi dengan TNI, Polri, SAR, dan SKPD lainnya," tutur Sutopo.
(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed