DetikNews
Rabu 31 Mei 2017, 14:36 WIB

Menkominfo: Pembentukan Basinas Tinggal Tunggu Perpres

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Menkominfo: Pembentukan Basinas Tinggal Tunggu Perpres Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Menkominfo Rudiantara mengatakan Badan Siber Nasional (Basinas) segera terbentuk. Rudiantara menyebut pembentukan Basinas tinggal menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo.

"Statusnya (Basinas) adalah Perpresnya menteri semuanya sudah paraf, termasuk saya sudah paraf. Sekarang dikoordinir oleh Setneg untuk mendapatkan persetujuan dari Bapak Presiden dalam bentuk Peraturan Presiden," kata Rudi saat raker di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Rudi kemudian menjelaskan soal tugas Basinas. Basinas akan mengkonsolidasikan semua aktivitas yang berkaitan dengan pencegahan isu keamanan siber.

"Mengenai Basinas, Basinas ini akan mengkonsolidasikan semua aktivitas yang berkaitan pencegahan atau isu cyber security yang sekarang di Kominfo ada direktorat keamanan. Ada lembaga Sandi Negara, Hankam ada juga, jadi banyak, beberapa," sebut dia.

"Yang sekarang akan disatukan terutama business processnya. Organisasinya juga kalau harus disatukan ya disatukan. Dari Kominfo kalau istilahnya harus bedol desa, ya selama memang lebih efektif untuk penanganan masalah cyber security," imbuh Rudi.

Pimpinan Komisi I, TB Hasanudin menyebut Basinas sudah sangat diperlukan. Dia mendesak badan ini segera dibentuk.

"Bagi kami, yang penting segera karena ini sudah urgent," tegas TB.


(gbr/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed