DetikNews
Rabu 31 Mei 2017, 12:25 WIB

PKS akan Terus Walk Out di Paripurna yang Dipimpin Fahri Hamzah

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
PKS akan Terus Walk Out di Paripurna yang Dipimpin Fahri Hamzah Hidayat Nur Wahid / Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Politikus PKS, Sigit Sosiantomo melakukan aksi Walk Out (WO) di rapat paripurna DPR pimpinan Fahri Hamzah kemarin. PKS menyebut akan terus melakukan aksi serupa jika rapat masih dipimpin Fahri.

Anggota F-PKS Hidayat Nur Wahid menyebut status Fahri di alat kelengkapan dewan (AKD), baik sebagai anggota maupun wakil ketua DPR, sudah tidak sah mengingat dia telah dipecat PKS. PKS ingin Fahri diganti sesuai dengan surat resmi fraksi atau akan terus WO di paripurna pimpinan Fahri.

"Ya, akan WO juga sampai surat fraksi ditindaklanjuti," ucap Hidayat di gedung Nusantara I DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Hidayat berujar, apa yang dilakukan anggota F-PKS kemarin di paripurna merupakan sebuah pengingat kepada pimpinan DPR lain bahwa mereka telah memecat Fahri. PKS tak mau tanggung jawab terhadap hasil rapat yang dipimpin Fahri.

"Dan karenanya, Pak Fahri dari sisi PKS sudah dipecat dari keanggotaan. Pertanyaannya adalah, beliau memimpin itu mewakili fraksi apa? Kalau beliau tak mewakili fraksi PKS, mewakili apa? Kami PKS tak merasa diwakili karena memang beliau bukan anggota PKS," jelas Wakil Ketua Majelis Syuro PKS ini.

"Kalau beliau tidak mewakili fraksi manapun, status beliau memimpin rapat itu apa, termasuk keputusan rapat itu bagaimana? Kalau beliau tetap memimpin, kami tak bertanggung jawab terhadap hasil keputusan karena beliau tak mewakili fraksi," sambung dia.

Hidayat menyebut sikap tersebut merupakan legal formal dari F-PKS. Sikap itu juga dikatakan sudah sesuai dengan aturan di DPR.

"Itulah legal formal yang merupakan sikap fraksi karena itu satu sikap berdasarkan aturan DPR. Kawan-kawan akan berlaku seterusnya kalau pimpinan DPR tidak melakukan tindak lanjut surat fraksi terkait penggantian Pak Fahri sebagai pimpinan DPR," cetus Hidayat.




(gbr/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed