Ahok Candai Djarot Soal Jabatan Singkat Gubernur DKI

Bisma Alief Laksana - detikNews
Rabu, 31 Mei 2017 10:48 WIB
Ahok-Djarot/dok.detikcom (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku sudah berbincang dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) soal surat pengunduran diri sebagai gubernur. Ahok sempat bercanda soal foto Djarot yang akan dipajang di Balai Kota setelah menjadi gubernur menggantikan Ahok.

"Saya sudah ketemu Ahok menanyakan latar belakang kok beliau mengundurkan diri. Beliau (mengatakan) benar-benar menjaga supaya nggak ada pro-kontra. Sudahlah kami (Ahok) mundur saja, biar Mas Djarot yang teruskan," kata Djarot kepada wartawan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (31/5/2017).

Dalam pertemuan, Ahok, tutur Djarot, bercanda soal pelantikannya nanti sebagai gubernur definitif menggantikan Ahok hingga Oktober 2017. Ahok bicara soal foto Djarot yang akan tetap dipajang di Balai Kota sebagai gubernur DKI meski hanya menjabat sekitar 5 bulan.

"Dan beliau (Ahok) bilang gini, 'lumayan Mas (Djarot) 5-6 bulan nggak apa-apa tapi nanti gambarnya (fotonya) tetap akan ada juga di galeri (Balai Kota)'. Berarti ada di gambar itu ya, Pak Jokowi, Pak Ahok dan saya. Kan lumayan ada," tutur Djarot menceritakan obrolannya dengan Ahok.

Siang ini DPRD DKI akan menggelar paripurna istimewa dengan agenda pengumuman pengunduran diri Ahok dari jabatan gubernur DKI. Paripurna dijadwalkan digelar pada pukul 14.00 WIB.

Rapat paripurna istimewa akan membahas dua hal. Pertama, pengumuman pemenang Pilkada DKI 2017 masa jabatan 2017-2022 sekaligus pengusulan gubernur dan wakil gubernur DKI terpilih pada presiden melalui Mendagri.

Bahasan kedua terkait pengunduran diri Ahok sebagai gubernur DKI dan pengajuan Djarot Saiful Hidayat sebagai pengganti Ahok hingga bulan Oktober 2017.

(bis/fdn)